Breaking News:

BPS Akan Umumkan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2020, Indonesia Resesi

Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi yang dilihat dari produk domestik bruto (PDB) kuartal III 2020 pada Kamis (5/11/2020)

Penulis: tidakada008 | Editor: Rusmiadi
kafkadesk.org
ILUSTRASI 

POSBELITUNG.CO - Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi yang dilihat dari produk domestik bruto (PDB) kuartal III 2020 pada Kamis (5/11/2020).

Pengumuman ini sangat dinanti, pasalnya ekonomi RI akan dinyatakan resesi jika pertumbuhan kembali minus.

 BPS sebelumnya merilis pertumbuhan ekonomi RI di kuartal II 2020 minus 5,32 persen (year on year/yoy).

Suatu negara baru dikatakan mengalami resesi setelah mengalami kontraksi PDB dalam dua kuartal beruntun secara tahunan.

Pemerintah RI sendiri sudah melakukan berbagai upaya agar kontraksi pertumbuhan ekonomi tidak terlalu dalam melalui pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pemberian insentif, bantuan sosial, dan lainnya.

Adapun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal III di kisaran minus 1 persen hingga minus 2,9 persen dan keseluruhan tahun di minus 0,6 persen hingga minus 1,72 persen.

Dia optimistis ekonomi bisa tumbuh hingga 5 persen di kuartal akhir 2020 didorong belanja pemerintah.

"Kita akan lihat sampai kuartal IV nanti tetap terjaga di sekira 5 persen pertumbuhannya. Tentu dengan asumsi bahwa seluruh momentum belanja dan eksekusi belanja PEN (pemulihan ekonomi nasional) dan KL (kementerian dan lembaga) tetap terjaga," ujarnya saat konferensi pers virtual, Selasa (27/10/2020).

Sementara dari sisi konsumsi rumah tangga, pemerintah memproyeksikan di dua kuartal terakhir 2020 bisa kembali ke titik nol persen dari minus dalam di kuartal II.

"Dari kuartal III hingga kuartal IV, kita harapkan akan mulai dekati titik nol persen. Kalau di kuartal II konsumsi rumah tangga alami kontraksi minus 5,5 persen," kata Sri Mulyani.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved