Breaking News:

Berita Belitung

Bupati Yuslih Ihza Pimpin Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Bencana 2020

Bupati mengatakan apel ini bertujuan untuk menyamakan langkah dan persepsi seluruh stakeholders terkait

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Bupati Yuslih saat memeriksa pasukan apel kesiapsiagaan bencana 2020, Jumat (6/11/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - "Kita semua tidak pernah berharap adanya bencana, namun musim penghujan telah datang dan bencana banjir sudah pernah terjadi di Beltim sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan terjadi lagi serta kemungkinan terjadi bencana lain akibat cuaca yang tidak menentu ini, perlu adanya persiapan untuk menanggulanginya," kata Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza saat memimpin gelar apel pasukan kesiapsiagaan bencana 2020 di Halaman Polres Beltim, Jumat (6/11/2020).

Bupati mengatakan apel ini bertujuan untuk menyamakan langkah dan persepsi seluruh stakeholders terkait. Juga sebagai wujud menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dalam antisipasi pencegahan dan penanggulangan bencana.

Yuslih juga menyinggung masalah pandemi covid-19 yang urung usai. Hal ini harus jadi perhatian semua pihak agar penyebaran corona di Beltim tidak terjadi lagi. Ia mengajak seluruh unsur terkait baik TNI, Polri, Basarnas, BPBD serta Organisasi Perangkat Daerah agar bekerja lebih keras, melalui preventif aktif berupa penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Yuslih bilang edukasi ini harus dilaksanakan secara bersinergi dengan mengerahkan segenap unsur diantaranya Babinsa, Babinkamtibmas, maupun aparat pemerintah desa di masing-masing wilayah untuk melakukan patroli secara rutin ke wilayah-wilayah yang rawan terjadinya bencana alam.

"Lakukan pengecekan terhadap peralatan dan perlengkapan terkait dengan penanggulangan bencana alam. Melaksanakan sosialisai kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana guna warning system untuk selalu memperhatikan kondisi alam atau cuaca. Hal itu penting agar masyarakat selalu waspada," ujar Yuslih.

Ia berharap jajaran Polres Belitung Timur beserta TNI mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi bencana sehingga dapat mengurangi tingkat resiko suatu bencana.

"Kemudian untuk stakeholder yang berkompeten dalam penanggulangan bencana agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana seperti pengintegrasian penanggulangan bencana disemua lini dari tingkat desa hingga kabupaten," harap Bupati.

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved