Breaking News:

Berita Belitung Timur

Galeri Maritim Belitung Timur Diresmikan, Miliki 500 Koleksi

Koleksi galeri Maritim Kabupaten Belitung Timur berjumlah sekitar 500 buah dengan berbagai jenis

Penulis: Suharli | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Posbelitung.co/Suharli
Bupati Belitung Timur bersama tamu undangan saat menghadiri Lauching Galeri Maritim Belitung Timur. Jumat (5/11/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Belitung Timur kini memiliki Galeri Maritim bertempat di jalan Jendral Soedirman, tak jauh dari Tugu 1001 Warung Kopi di Desa Baru Kecamatan Manggar.

Launching Galeri Maritim Belitung Timur dilakukan oleh Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza bersama Staf ahli bidang sosiologi dan antropologi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Adi Tukul Romeo.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Belitung Timur, Evi Nardi dalam sambutannya menyampaikan koleksi galeri Maritim Kabupaten Belitung Timur berjumlah sekitar 500 buah, dengan berbagai jenis antara lain Pasu, piring, mangkuk dan tempayan.

"Adapun sumber koleksi yang berasal dari koleksi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Belitung Timur, Dinas Perikanan Belitung Timur dan hibah dan Kejaksaan Negeri Belitung Timur," ujar Evi dalam sambutannya.

Bupati Belitung Timur bersama tamu undangan saat menghadiri Lauching Galeri Maritim Belitung Timur. Jumat (5/11/2020)
Bupati Belitung Timur bersama tamu undangan saat menghadiri Lauching Galeri Maritim Belitung Timur. Jumat (5/11/2020) (Posbelitung.co/Suharli)

Selain koleksi keramik, Galeri Maritim Kabupaten Belitung Timur juga memili koleksi yang berkaitan erat dengan tradisi maritim, misalnya “Perau” yang merupakan perahu tradisional tipe Iesung sebagaimana yang diketahui tradisi ini sangat tua usianya.

Sedangkan di atas pintu masuk dipajang miniatur Kater, yang merupakan perahu bercadik kebanggan Belitung Timur.

Berbagai koleksi yang disajikan pada Galeri Maritim adalah sumber pengetahuan. Dengan bantuan ahli dari Pusat Penelitian, Arkeologi Nasional (ARKENAS), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berbagai koleksi tersebut telah terdidentifikasi dan dinarasikan sehingga dapat memperkaya pengetahuan pengunjung.

"Kehadiran galeri maritim ini juga tidak terlepas dari dukungan dari, Pusat Riset dan Sumber Daya Manusia dan Perikanan Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan telah melakukan riset di perairan Belitung Timur," ujar Evi.

Selain itu menurutnya Balai Arkeologi Sumatera Selatan, telah melakukan riset guna mengungkap ilmu pengetahuan dari berbagai tinggalan arkeologis di Belitung Timur.

"Kami berharap jika galeri maritim ini dapat dimanfaatkan khususnya oleh satuan pendidikan, dengan cara kunjungan bagi anak didik. Sehingga sejak dini pengatahuan tersebut memulai diperkenalkan kepada generasi penerus bangsa," bebernya.

Lauching Galeri Maritim merupakan rangkaian kegiatan jelajah pesona jalur rempah (JPJR) Belitung Timur.

Sementara itu Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza dalam sambutanya mengatakan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur tentunya sangat mengapresiasi atas didirikannya Galeri Maritim Belitung Timur.

"Adanya Galeri Maritim ini dapat menjadi sarana untuk melakukan pengembangan informasi kesejarahan dan kebudayaan daerah, sekaligus sebagai pusat pengetahuan budaya bahari serta sejarah jalur rempah dan pemanfaatannya," ujar Yuslih dalam sambutannya.

(Posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved