Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

UPDATE Pasien Kepala Dinas Belitung Timur H Sudah Tidak Diisolasi, Tinggal Tunggu Hasil Swab

Satu bulan sejak dinyatakan positif Covid-19, kondisi kepala dinas H berangsur membaik.

posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Direktur RSUD Beltim dr Cahyo Purnomo. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Satu bulan sejak dinyatakan positif Covid-19, kondisi kepala dinas H berangsur membaik.

Sejak Minggu (8/11/2020), H sudah dipindahkan ke ruang perawatan VIP alias tidak di ruang isolasi lagi. Hal ini dikatakan Direktur RSUD Beltim dr Cahyo Purnomo saat dihubungi Posbelitung.co, Senin (9/11/2020).

dr Cahyo mengatakan beberapa hari terakhir gejalanya sudah tidak ada sehingga bisa dipindahkan sembari menunggu hasil swab follow up.

"Sesuai panduan Kemenkes revisi lima kalau pasien ada gejala harus ada pengambilan swab follow-up sebelum dinyatakan sembuh," katanya.

Lanjut dr Cahyo, berbeda dengan situasi pada pasien yang tak bergejala. Pasien yang asimptomatik tidak perlu diswab follow-up, cukup isolasi selama 10 hari bisa dinyatakan sembuh.

dr Cahyo juga menjelaskan kondisi istri H yaitu EH. Ia mengatakan EH juga sudah membaik dan juga dirawat bersamaan dengan suaminya.

Sementara itu, Kabid P2P Dinkes-PPKB Beltim Supeni menjelaskan mengenai kondisi pasien covid-19 lainnya yang dirawat di luar Beltim yaitu anggota dewan TH dan warga Manggar FO.

Untuk pasien TH, ia mengatakan masih dirawat di RSMJ Tanjungpandan. Kemudian untuk pasien FO ia menjelaskan saat ini sudah melakukan isolasi mandiri di rumahnya di Manggar.

"Pasien FO per hari ini sudah selesai masa isolasi dan dinyatakan sembuh. Tapi masih perlu isolasi mandiri di rumahnya. Mengenai kondisi pasien TH silakan berkoordinasi dengan RSMJ," kata Supeni.

Ia berpesan pada masyarakat agar tidak menstigma para covid-19 survivor. Masyarakat harus mendukung mental mereka supaya bisa kembali beraktivitas secara normal.

"Jangan lupa juga tetap terapkan protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun," kata Supeni.

Posbelitung.co / BryanBimantoro )

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved