Breaking News:

Berita Belitung Timur

Permudah Administrasi Kependudukan , Dukcapil Belitung Timur Luncurkan Aplikasi Selina

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Belitung Timur merencanakan pada tahun 2021 setiap desa di Kabupaten Belitung Timur sudah memiliki adminduk.

Posbelitung.co/Suharli
Penyerahan secara simbolis KTP Elektronik pemula hasil penyisiran perekaman di desa kepada dua kepala desa, Rabu (11/11/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung Timur merencanakan pada tahun 2021 setiap desa di Kabupaten Belitung Timur sudah memiliki kios pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) daring.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung Timur, Mudiarsono mengatakan adminduk daring ini guna mempermudah proses administrasi kependudukan masyarakat, yakni melalui aplikasi Selina yang merupakan singkatan dari sistem elektronik pelayanan administrasi.

Menurutnya pelayanan administrasi kependudukan tidak hanya menjadi kewenangan dan tanggungjawab dinas kependudukan dan pencatatan sipil, melainkan juga menjadi wewenang dan tanggungjawab pemerintah desa berdasarkan asas tugas pembantuan, yang tentunya dalam wewenang dan tanggungjawab yang terbatas. 

"Artinya, agar pelayanan administrasi kependudukan dapat berjalan dengan baik, lancar. Harus ada sinergi antara dinas Kependudukan dan Penatatan Sipil dengan pemerintah desa selaku ujung tombak pelayanan administrasi kependudukan," jelas pia yang akrab disapa Yayan tersebut, Rabu (11/11/2020). 

Tujuan utama dari inovasi pelayanan adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan, agar penduduk semakin mudah dalam memiliki dokumen kependudukan. 

Menurutnya,  saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0, dimana pada era ini keterlibatan manusia dalam suatu proses menjadi semakin berkurang, hampir segala aspek dilakukan secara otomatis oleh sistem yang berbasis teknologi informasi.

Dinas kependudukan dan pencatatan sipil telah merancang inovasi pelayanan yang menitikberatkan pada sisi input pelayanan yaitu pembuatan permohonan layanan dan penyampaian berkas persyaratan.

Selain itu diharapkan juga inovasi ini akan menyentuh sisi output, yaitu pencetakan dokumen kependudukan.

"Kami berharap kepada seluruh kepala desa, untuk dapat mendukung inovasi pelayanan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Penatatan Sipil, dengan harapan, inovasi pelayanan ini dapat dilaksanakan di seluruh desa di Kabupaten Belitung Timur," harap Yayan.

Dia menambahkan saat , pada tahun 2020 ini Kios Pelayanan Adminduk Daring telah dilaksanakan di empat desa, yaitu, desa Senyubuk, Simpang Tiga, Balok dan Jangkang. ( Posbelitung.co / Suharli )

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved