Breaking News:

WIKI BELITUNG

Ini Syarat untuk Jadi WNI, Harus Bayar PNBP 50 Juta Rupiah Kepada Negara

Di Indonesia sendiri hanya mengakui satu kewarganegaraan dan bagi yang memiliki dwi kewarganegaraan, harus memilih satu status warga negara.

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Ist/Imigrasi
Bujang Dayang Informasi Imigrasi saat menyambut orang yang datang e kantor imigrasi 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Status kewarganegaraan sangat penting bagi setiap orang di dunia.

Dengan kewarganegaraan yang jelas, kita bisa dapat banyak fasilitas dari negara, seperti kesehatan dan pendidikan.

Di Indonesia sendiri hanya mengakui satu kewarganegaraan dan bagi yang memiliki dwi kewarganegaraan, harus memilih satu status warga negara saat berumur 18 tahun. 

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan Oktya Hartari Putri mengatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika warga negara asing ingin menjadi WNI.

Syarat umumnya yaitu WNA harus tinggal di Indonesia selama lima tahun berturut-turut tanpa perjalanan ke luar negeri. Ia juga harus memperbarui izin tinggal sementara setahun sekali.

"Atau 10 tahun tapi tidak berturut-turut. Artinya selama 10 tahun itu WNA pernah melakukan perjalanan ke luar negeri beberapa kali. Kita lihatnya berdasarkan histori di paspor. Kalau semua terpenuhi baru nanti dapat ijin tinggal tetap," ungkap Oktya saat dihubungi Posbelitung.co, Kamis (12/11/2020).

Kemudian ada prosedur khusus yaitu pernikahan. Seorang WNA menikah dengan WNI bisa langsung jadi WNI jika usia pernikahan sudah dua tahun dan bisa mengurus izin tinggal tetap (itap) langsung.

Di Belitung sendiri ia mengatakan belum ada yang mengajukan diri dari WNA menjadi WNI.

Lebih lanjut Oktya menjelaskan bahwa ada biaya tertentu dalam mengurus pindah kewarganegaraan ini.

Ia mengatakan biayanya adalah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 50 juta.

Biaya ini dibayarkan kepada negara lewat Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham bukan ke Imigrasi. Dirjen inilah yang berhak memutuskan orang tersebut memenuhi syarat atau tidak untuk jadi WNI.

"Mereka nanti yang mengeluarkan surat bukti kewarganegaraannya. Di Imigrasi nanti perannya yaitu mencabut itap yang bersangkutan karena sudah jadi WNI tak perlu lagi itap," Jelas Oktya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved