Breaking News:

Advertorial

Belitung Beach Run 5K Sukses, Adakan Event Sport Tourism dan Tingkatkan Prestasi Atlet

DINAS Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung mengadakan Belitung Beach Run 5K, Minggu (15/11). Lomba lari itu diikuti 367 peserta yang terbagi dalam

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Pelepasan peserta Belitung Beach Run 5K di Pantai Tanjung Tinggi, Minggu (15/11). 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung mengadakan Belitung Beach Run 5K, Minggu (15/11). Lomba lari itu diikuti 367 peserta yang terbagi dalam empat kategori, yaitu pelajar dan umum putra-putri. Peserta memulai perlombaan dari Pantai Tanjungtinggi melintasi pesisir hingga selesai di Pantai Tanjungkelayang. 

Acara dihadiri Bupati Belitung H Sahani Saleh, Wakil Bupati Isyak Meirobie, Sekretaris Daerah MZ Hendra Caya, dan segenap kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

"Kegiatan tahun ini diadakan secara lokal bagi atlet Kabupaten Belitung saja karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Event juga sebagai gambaran  agar tahun depan siap mengadakan dan mengundang peserta dari luar daerah. Yang jelas orientasi kita bagaimana dengan pandemi Covid-19 Kabupaten Belitung sudah aktif dan menggeliat kembali event olahraganya," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung Subagio dalam sambutannya. 

Selain itu, lanjutnya, ajang tahun depan bisa menjadi tolok ukur dalam meningkatkan kualitas event nasional bahkan internasional. Kemudian dalam mendukung wisata berbasis olahraga (sport tourism) diharapkan wisatawan semakin banyak yang datang. Demikian juga peserta dari luar ramai seperti sebelum Covid-19 yang ketika itu digelar triathlon, kayak marathon, stand up paddle, dan barongsai yang menjadi event internasional. 

"Tentunya selain menggali potensi atlet daerah agar dikembangkan menjadi atlet berprestasi, tentunya juga dengan event yang dikemas bisa menghadirkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara," jelas dia.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia Belitung Beach Run 5K sekaligus Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kabupaten Belitung Sukaria.

Menurutnya, gelaran tersebut berlangsung lancar berkat dukungan kepanitiaan dari dispora, tim medis, dan warga dari Desa Keciput dan Desa Tanjung Tinggi, serta pihak-pihak lain yang membantu serta mendukung kelancaran kegiatan. 

"Tujuan event ini memang menyelaraskan antara sport tourism dan peningkatan prestasi. Tidak bisa hanya sport tourism saja tanpa mengindahkan prestasi, karena ada event yang akan diikuti di provinsi maupun nasional seperti kejurda, Popda, dan Popnas, ini harus dipikirkan juga," ucapnya.

Sukaria berharap ke depan agar kerjasama lintas sektoral dari Dinas Pariwisata dan OPD lainnya agar terus ditingkatkan. Juga masyarakat sekitar tempat perlombaan agar berperan aktif sehingga kegiatan OPD dan pemerintah daerah bisa terus terlaksana lancar.

Kemudian Bupati Belitung Sahani Saleh juga menuturkan event Belitung Beach Run 5K juga dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Di samping turut mempromosikan wisata bahari dengan menunjukkan keindahan pantai Belitung.

Halaman
12
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved