Breaking News:

Debat Publik Pilkada Belitung

Debat Publik Kedua Pilkada Belitung Timur Sukses

GELARAN debat publik kedua Pilkada Belitung Timur (Beltim) sukses digelar pada Senin (16/11) malam di Auditorium Zahari MZ. Ketua KPU Kabupaten Belitu

Pos Belitung/Bryan Bimantoro
PILKADA BELITUNG TIMUR 2020 - Komisioner KPU Kabupaten Belitung Timur, Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, moderator, dan panelis dalam debat kedua Pilkada Belitung Timur 2020 berfoto bersama pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Belitung Timur di di Auditorium Zahari MZ, Senin (11/11) malam. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Gelaran debat publik kedua Pilkada Belitung Timur (Beltim) sukses digelar pada Senin (16/11) malam di Auditorium Zahari MZ. Ketua KPU Kabupaten Belitung Timur merasa bersyukur debat kedua ini berjalan sesuai harapannya.

Debat kedua ini mengangkat tema Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Rizal menilai, penyampaian visi misi dan pendalamannya oleh panelis kepada para calon dalam debat kedua akan mampu memberikan pemahaman pada para pemilih untuk memilih calonnya. Terlebih dalam debat kedua ini, pemilih dimanjakan oleh siaran live streaming jernih yang dipersembahkan oleh Pos Belitung dan Bangka Pos.

“Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang sudah terlibat menyukseskan pelaksanaan debat kedua, sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa menonton jagoannya beradu argumentasi,” kata Rizal.

Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung Dafitri mengapresiasi pelaksanaan debat kedua Pilkada Belitung Timur. Ia menilai penyelenggaraan debat sudah sesuai juknis dan tata cara debat yang ditetapkan KPU RI. Semua warga bisa menyaksikan dengan saluran-saluran yang disediakan.

“Apa yang dilakukan para calon di debat kedua ini bisa jadi acuan masyarakat dalam memilih pemimpinnya. Serta harapan besarnya adalah bisa meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Belitung Timur. Target kita yaitu 77,5 persen pemilih karena kita masih dalam masa pandemi,” kata Dafitri.

Dalam debat publik tersebut masih sama seperti sebelumnya, yakni tujuh segmen. Segmen satu, pemaparan visi misi terkait tema, segmen dua hingga empat pendalaman visi misi dari pertanyaan panelis, segmen lima tanya jawab antara pasangan calon, segmen enam tebak gambar, dan terakhir closing statement.

Adapun moderator yang memandu jalannya debat kedua ini ialah Irwan Arfa, yang merupakan Kepala Perum LKBN Antara Biro Bangka Belitung. Sedangkan kedua panelis yakni Dr H Iskandar MHum yang merupakan Direktur Pascasarjana IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung dan Dr Faisal SH MH yang merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung.

Panelis Dr H Iskandar MHum mengatakan, pada debat ini, ia bersama tim panelis sengaja memberikan pertanyaan yang cukup tinggi. Hal ini menurutnya agar calon pemimpin betul-betul paham soal tema yang diangkat.

“Kedua calon menjawab semua pertanyaan dengan baik. Ini menarik karena masyarakat bisa menentukan pemimpinnya dari semua calon terbaik ini,” kata Iskandar. (Advertorial/s1)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved