Breaking News:

Kadindikbud Sarankan Pedagang Halaman Genas Sewa Mobil Toilet

Beberapa waktu lalu permasalahan keberadaan toilet di halaman Gedung Nasional yang menjadi lokasi pedagang UMKM ramai dibicarakan warganet.

net
Ilustrasi Toilet 

POSBELITUNG.CO -- Beberapa waktu lalu permasalahan keberadaan toilet di halaman Gedung Nasional yang menjadi lokasi pedagang UMKM ramai dibicarakan warganet.

Semenjak pemda memberikan kebijakan menjadi lokasi pedagang, halaman Gedung Nasional ramai dikunjungi khususnya malam hari sehingga fasilitas toilet menjadi penting.

Sementara itu, toilet yang terdapat di dalam bangunan cagar budaya itu tidak dibuka untuk umum.

"Jadi kemarin kami sarankan kepada para pedagang di sana untuk menyewa mobil toilet milik Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD). Kalau toilet di dalam gedung dibuka nanti malah tidak karuan, karena yang jaga gedung cuman satu orang," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung Junaidi kepada posbelitung.co, Rabu (18/11/2020).

Ia menjelaskan masyarakat harus memahami bahwa keberadaan para pedagang di halaman Gedung Nasional merupakan kebijakan dari kepala dinas sebelumnya.

Sebab, secara aturan Gedung Nasional beserta halamannya dimanfaatkan untuk kegiatan situasional seperti pameran atau kelompok tertentu.

Namun karena sebelumnya keberadaan pedagang di sana tidak tertata maka pemda memberikan kebijakan agar keberadaan mereka lebih teratur.

"Jadi sebenarnya bukan untuk mengakomodir pedagang tetap seperti ini. Intinya beda dengan pedagang di Tanjungpendam dan lainnya," jelasnya.

Termasuk permintaan bangunan toilet juga tidak bisa diakomodir karena terganjal Undang-Undang Cagar Budaya yang tidak boleh mengubah bentuk bangunan.

Sementara itu, Jookie Vebriansyah sempat menulis status di media sosial yang menyarankan dinas pengelola Gedung Nasional agar menyediakan fasilitas toilet.

Menurutnya para pedagang sudah membayar sewa lahan yang seharusnya diberikan fasilitas demi kenyamanan bersama. (posbelitung.co /dede s)
 

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved