Breaking News:

Berita Belitung

Kajari Belitung Terima Pelimpahan Perkara dari Penyidik KLHK

Penyidik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali menyerahkan tersangka atas perkara korporasi reklamasi ilegal di Wilayah bibir..

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Penyidik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali menyerahkan tersangka atas perkara korporasi reklamasi ilegal di Wilayah bibir pantai ke Kejari Belitung pada Kamis (19/11/2020).

Kali ini korporasi PT Belitung Mandiri Mulia Indah BMMI yang diwakili oleh direktur utama BR (58) beserta barang bukti diserahkan Kasubdit Penyidikan Perusakan Lingkungan, Kebakaran Hutan dan Lahan (PPLKH) Firdaus Alim Damopolii disaksikan oleh jaksa peneliti dari Kejagung RI.

PT BMMI diduga terlibat dalam kasus reklamasi pantai tanpa izin yang menyebabkan rusaknya mangrove di Desa Air Saga, Kelurahan Tanjungpandan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Tahap duanya sudah dilakukan kemarin, untuk kasusnya masih dengan yang sebelumnya yaitu reklamasi tanpa izin, hanya saja lokasinya yang berbeda," kata Kajari Belitung Ali Nurudin saat ditemui Posbelitung.co, Jumat (20/11/2020).

Ia menjelaskan untuk perkara korporasi PT BMMI serupa dengan PT Panca Anugerah Nusantara (PAN) yang sedang menjalani proses persidangan atas dugaan reklamasi ilegal bibir pantai di Kelurahan Tanjungpendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Bahkan dua perusahaan tersebut juga berkaitan dengan TI (49) yang diduga mengerjakan kegiatan reklamasi dan masih disidik oleh Ditjen Gakkum KLHK.

"Iya yang melakukan pekerjaan orang yang sama hanya perusahaannya beda dan juga lokasinya. Tapi karena lokusnya di Tanjungpandan maka tahap duanya diserahkan ke Kejari Belitung," jelasnya.

Pasca tahap dua, Kejari Belitung akan mengontruksikan dakwaan sebelum dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tanjungpandan untuk disidangkan.

Sebelumnya, berdasarkan tulisan yang dikutip lama facebook Ditjen Gakkum KLHK tanggal 19 November 2020 lalu, Penyidik KHLK menyerahkan tersangka korporasi PT BMMI yang diwakili oleh BR (58), Direktur Utama PT BMMI, beserta barang buktinya ke Kejaksaan Negeri Belitung.

PT BMMI terlibat dalam kasus reklamasi pantai tanpa izin yang menyebabkan rusaknya mangrove di Desa Air Saga, Kelurahan Tanjungpandan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved