Breaking News:

Surat Suara Pilkada Beltim Datang, KPU Jaga 24 Jam

Surat suara untuk pemilihan kepala daerah di Belitung Timur pada 9 Desember sudah datang pada hari ini Senin, (23/11/2020).

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Ketua KPU Beltim Rizal (kiri, baju putih) saat meninjau surat suara ketika datang ke gudang logistik KPU, Senin (23/11/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Surat suara untuk pemilihan kepala daerah di Belitung Timur pada 9 Desember sudah datang pada hari ini Senin, (23/11/2020).

Ketua KPU Beltim Rizal mengatakan surat suara datang 48 dus dengan jumlah total 94.154 surat suara. Rizal menjelaskan surat suara ini dicetak di Semarang.

"Jumlah itu sudah termasuk surat suara cadangan sebanyak dua ribu. Nanti yang akan dipakai adalah sisanya sudah termasuk surat suara cadangan per TPS sebanyak 2,5 persen dari DPT per TPS," kata Rizal saat ditemui posbelitung.co di ruang kerjanya, Senin.

Penjemputan dan pengawalan surat suara dilakukan oleh KPU Beltim didampingi Bawaslu Beltim dan polisi dari Bandara HAS Hanandjoeddin menuju ke gudang logistik KPU Beltim di Gedung Serbaguna Desa Padang.

Rizal juga menyakinkan bahwa surat suara ini akan dijaga selama 24 jam oleh KPU dan tim pengamanan.

"Kami sudah dirikan posko di sana untuk menjaga surat suara ini agar terus aman dari tangan yang tak bertanggungjawab," ujar Rizal.

Rizal menambahkan surat suara ini dilengkapi dengan pengaman seperti hidden image, tanda air, dan barcode. Dengan spesifikasi itu bertujuan agar tidak mudah dipalsukan demi menjamin kelancaran Pilkada.

Untuk informasi, surat suara ini sudah melalui beberapa rapat bersama dengan kedua tim pasangan calon. Rapat ini supaya mengakomodir keinginan para tim calon terhadap surat suara. Baru setelah kedua tim setuju barulah dicetak oleh percetakan yang dipilih KPU RI.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved