Breaking News:

Tahun 2021, 17 Kepala Sekolah di Belitung Timur Akan Pensiun

Sebanyak enam sekolah dasar (SD) pada tahun 2020 ini terpaksa harus menggunakan Plt Kepala Sekolah dua SD

Posbelitung.co / BryanBimantoro
Kabid Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Belitung Timur Andi Irawan. 

POSBELITUNG.CO - Sebanyak enam sekolah dasar (SD) pada tahun 2020 ini terpaksa harus menggunakan Plt Kepala Sekolah dua SD, di antaranya akan berlaku pada bulan Desember 2020. Sedangkan pada tahun 2021  sebanyak 17 kepala sekolah yang akan pensiun.

Kabid pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan, Dinas Pendidikan Belitung Timu, Andi Irawan menyampaikan kekosongan jabatan Kepala Sekolah pada tahun 2021 Dinas Pendidikan Belitung Timur akan segera berkoordinasi dengan Pengawas Bina masing-masing sekolah untuk mencari kepala sekolah yang akan diusulkan sebagai PLT kepada Bupati Belitung Timur.

"Saat ini kami (Dindik Beltim) sedang melakukan persiapan atau penghitungan kebutuhan anggaran untuk seleksi Cakep (calon Kepala sekolah) di Tahun Anggaran 2021. Sampai dengan saat ini sudah ada 109 pendaftar. Kalau anggarannya tersedia dan cukup Insyahallah Tahun 2021 akan dilaksanakan seleksi cakep" ujar Andi kepada posbelitung, Senin (23/11/2020).

Lebih rinci dia menjelaskan dari 109 pendaftar terdiri dari guru SD 90 orang, guru SMP 9, dan guru TK 10 orang.

Terpisah, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Belitung Timur, Nurhidayah berkenaan dengan kepala sekolah yang di Plt-kan menuturkan karena ada aturan yang baru Plt Kepala sekolah harus memiliki nomor Registrasi Kepala Sekolah (RKS) sehingga plt-plt yang ada di sekolah tetap membantu Plt yang baru.

PGRI tetap Berkoordinasi dengan dinas pendidikan, menurutnya yang terpenting hal-hal yang prinsipil yang perlu diatasi dengan adanya plt Kepsek aturannya tetap diikuti.

"Kami di lapangan sebagai pengawas tetap membantu pihak sekolah untuk menyelesaikan semua permasalahan," ujarnya.

Berkenaan pada 2020 akan datang akan lebih banyak lagi kepala sekolah yang memasuki masa pensiun yakni sebanyak 17 Kepsek, Nurhidayah menyampaikan dari dinas pendidikan dan PGRI Beltim sudah mengajukan harus ada kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh LP2KS.

"InsyaAllah diawal 2021 kami akan melaksanakannya secara administrasi terlebih dahulu sambil menunggu biaya yang diajukan, sebab biaya yang diajukan pertama kurang sehingga akan diajukan melaui ABT, karena pelaksanan LP2KS harus dilaksanakan betul-betul dengan pihak LP2KS," bebernya. (Posbelitung.co/Suharli)

Jumlah Kepala Sekolah dan Guru di Kabupaten Belitung Timur perkecamatan:

Manggar: 576
Gantung: 349
Kelapa Kampit : 310
Damar : 185
Simpang pesak : 155
Dendang : 150
Simpang Renggiang : 120

Sekolah Dasar yang diampuh Plt Kepala sekolah sampai dengan 2020:

SD 10 Manggar
SD 22 Manggar
SD 8 Manggar
SD 9 Kelapa Kampit
SD 14 Manggar
SD 21 Gantung

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved