Breaking News:

177 Guru Masuki Masa Pensiun, 2021 Direncanakan Ada Perekrutan Guru P3K

Sampai dengan tahun 2024 ada sekitar 177 orang guru akan memasuki masa pensiun

Posbelitung.co/Suharli
Kepala BKPSDM Belitung Timur, Yuspian 

POSBELITUNG.CO - Sampai dengan tahun 2024 ada sekitar 177 orang guru akan memasuki masa pensiun, hal itu disampaikan oleh Kabid pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan, Dinas Pendidikan (Dindik) Belitung Timur, Andi Irawan.

Menurutnya untuk pemenuhan guru Dindik Beltim sudah mengusulkan ke BKDSDM Beltim selaku linisektor pemenuhan tenaga pendidikan.

Rencananya pada 2021 akan datang akan dibuka perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di Kabupten Belitung Timur. 

"Hasil dari vidcon kami pada pertengahan tahun sekitar bulan agustus lalu, untuk pemenuhan guru ini tidak akan melalui lagi jalur CPNS, akan tetapi melalui jalur P3K, untuk P3K ini artinya untuk semua guru baik itu umurnya 20 tahun  sampai dengan 59 tahun ini diperbolehkan, karena berdasarkan sistem kontrak yang kemungkinan minimal 1 tahun," jelasnya kepada posbelitung.co, Selasa (24/11/2020).

Dia juga menyampaikan hal itu menjadi kabar gembira bagi para guru yang berusia 35 tahun keatas karena mereka juga masih ada kesempatan untuk menjadi P3K.

"Jadi kemarin guru-guru honor kami yang berumur 35 tahun ke atas semangat untuk ikut tes P3k. Sebelum ini sudah ada empat guru yang mengikuti tes P3K akan segera keluar SK, satu di SMP dan tiganya di SD termasuk yang di pulau Long dan pulau Sekunyit," ujarnya.

Dalam waktu dekat Dindik Beltim untuk pemenuhan guru disekolah akan mengundang pengawas, untuk membicarakan rasionalisasi jumlah guru di satuan pendidikan, hal ini dilakukan jangan sampai satu sekolah itu kekurangan guru lebih dari tiga orang.

Sementara itu Kepala BKPSDM Belitung Timur, Yuspian menyampaikan memang ada rekrutmen tanaga guru jakur P3K pada tahun 2021.

"Tapi kami menunggu konfirmasi dari pusat apapun kebijakan yang ada akan kami laksanakan. Kemarin (23/11) kami lakukan vidcon dengan kementrian, tentang rencana merekrut guru tahun 2021 melalui jalur P3K," ujar Yuspian.

Mengenai jumlah, berapa jumlah guru yang akan di rekrut ke P3K nanti, menurut Yuspian akan ada prosesnya. BKPSDM saat ini belum mengkonfirmasi apakah yang akan ikut P3K untuk umum atau khusus tenaga guru honorer.

"Persiapan di daerah tentunya akan berbeda, apakah khusus untuk guru (honorer) atau umum. P3k juga tidak menutup kemungkinan untuk tenaga lainnya tidak hanya sebatas guru. Yang terkonfirmasi dari Menteri pendidikan akan merekrut guru pada 2021 (P3K), nah jumlahnya kami yang belaum tahu dan mekanismenya perekrutannya," ujarnya.

Dia menyampaikan BKPSDM juga akan duduk bersama Dindik Belitung Timur, prihal berapa banyak kebutuhan guru, guru apa saja yang dibutuhkan. (Posbelitung/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved