Breaking News:

Jurnalis Jamal Khashoggi Sempat Diancam Orang Dekat Mohammed bin Salman Sebelum Dibunuh

Pernyataan itu disampaikan salah satu teman dekat Khashoggi, dalam sidang dengar kesaksian kedua yang berlangsung di Istanbul

gossipela.com
Jurnalis asal Arab Saudi, Jamal Khashoggi, semasa hidup 

POSBELITUNG.CO, ISTANBUL,  -  Jurnalis Jamal Khashoggi ternyata sempat diancam oleh oknum yang dekat dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman sebelum ia dibunuh.

Pernyataan itu disampaikan salah satu teman dekat Khashoggi, dalam sidang dengar kesaksian kedua yang berlangsung di Istanbul, Turki.

Sidang itu digelar secara in absentia terhadap 26 terdakwa asal Saudi atas pembunuhan yang terjadi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Jurnalis berusia 59 tahun itu dicekik dan dimutilasi di dalam kantor Konsulat Saudi di Istanbul, saat dia mengurus dokumen pernikahan dengan tunangannya, Hatice Cengiz.

Pembunuhan terhadap Jamal Khashoggi menuai kecaman internasional, dan merusak reputasi Arab Saudi dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Adapun sidang di Turki digelar terpisah dari Saudi, yang secara mengejutkan membatalkan hukuman mati bagi lima terdakwa pada September.

Pengadilan Riyadh ganti menjatuhkan hukuman penjara dengan vonis bervariasi, mulai dari 7-20 tahun, kepada delapan terdakwa yang tak disebutkan identitasnya.

Dilansir AFP Selasa (24/11/2020), vonis itu disikapi Amnesty International dan Jurnalis Lintas Batas sebagai "parodi keadilan".

Di Turki, jaksa penuntut menuntut dua mantan pejabat Saudi, di antaranya adalah eks wakil kepala intelijen Ahmed al-Assiri.

Kemudian penasihat Putra Mahkota bidang komunikasi Saud al-Qahtani. Keduanya dituding merencanakan dan memerintahkan langsung pembunuhan Khashoggi.

Halaman
123
Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved