Breaking News:

KPPS Se-Beltim Sudah Dilantik dan Diambil Sumpah

Ketua KPU Belitung Timur menyampaikan Pembentukan Kelompok Penyelenggra Pemungutan Suara (KPPS) sudah dilaksanakan

Ist/dok komisioner KPU Belitung
Kotak Suara di PPK Selat Nasik, Senin (22/4) sudah selesai dilakukan perhitungan dan siap untuk di geser ke tingkat Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Ketua KPU Belitung Timur menyampaikan Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah dilaksanakan dan sudah diadakan pelantikan di seluruh wilayah Kabupaten Belitung Timur, pada Selasa (24/11) kemarin.

"Yang dilantik pada hari kemarin adalah ketua KPPS oleh PPS, ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta juknis KPU RI, bahwa mereka sebelum melaksanakan tugasnya dilantik," ujar Rizal kepada Posbelitung.co, Rabu (25/11/2020).

Sedangkan anggota yang lainnya akan pelaksanaan pemungutan suara pada hari H pada pukul 06.30, Mereka akan diambil sumpah oleh ketua KPPS.

"Secara keseluruhan anggota ketua KPPS itu sebelum melaksanakan tugasnya pada hari H tanggal 9 Desember dipastikan semuanya sudah diambil sumpahnya. karena apa mereka itu kan termasuk penyelenggara walaupun di tingkat PPS," jelasnya.

Menurutnya syarat menjadi penyelenggara ini memang wajib Sebelum melaksanakan tugasnya itu harus diambil sumpah, karena , beban, tanggung jawab mereka dalam melaksanakan kegiatan tahapan penghitung, itu memang harus benar-benar dalam Memegang teguh sumpah dan janji karena dia tidak apa imparsial harus profesional harus Netral harus independensi.

"Tugas mereka tentu melaksanakan kegiatan pungut hitung sesuai dengan posisi mereka," ujarnya.

Per setiap TPS sebanyak 7 KPPS, Rizal menjelaskan tugas KPPS  yakni ketua memimpin rapat-rapat kegiatannya untuk pemungutan dan penghitungan suara, juga nanti pada saat penghitungan ketua menjadi penentu atau yang menyampaikan suara itu sah atau tidak sah.

Sedangkan KPPS kedua dan ketiga mendampingi ketua kiri kanan, menghitung surat suara dan menulis surat suara identitasnya.

"Misalnya TPS berapa desa mana Kecamatan mana Kabupaten mana sebelum ditandatangani dan diserahkan kepada pemilih, tandatangan tetap ketua KPPS dan itu wajib ditandatangani sebelum diserahkan kepada pemilih pada saat pemungutan suara KPPS," ujarnya.

Kemudian KPPS ke Empat berada posisinya ada di depan untuk menulis pendaftaran undangan yang masuk masyarakat yang masuk pemilih yang masuk pada saat itu,

KPPS  kelima posisinya ada di kotak suara dan memastikan surat suara yang sudah dicoblos oleh pemilih.

Kemudian KPPS  6 berada di bilik suara mengatur alur kesempatan masyarakat untuk melakukan proses pencoblosan, dan Ke tujuh itu di tinta. (Posbelitung/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved