Breaking News:

Polisi Tetapkan Ibu yang Buang Bayinya di Sawah Sebagai Tersangka

Atas perbuatannya, NAA dijerat dengan Pasal 308 KUHP dan Undang-undang Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014.

Boldsky.com
Ilustrasi bayi menangis 

POSBELITUNG.CO - Setelah melakukan serangkain penyelidikan dan penyidikan, polisi akhirnya menetapkan NAA (20), ibu yang membuang bayinya di tengah sawah di kawasan Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, sebagai tersangka.

Hal itu diungkapkan Kasateskrim Polres Probolinggo AKP Rizki Santoso.

"Kami tahan Jumat (27/11/2020) di Mapolres Probolinggo," kata Rizki, kepada Kompas.com, melalui pesan singkat Sabtu (28/11/2020).

Atas perbuatannya, NAA dijerat dengan Pasal 308 KUHP dan Undang-undang Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014.

Selain itu, sambung Rizki, pihaknya juga masih mendalami motif NAA tega membuang bayi yang baru dilahirkannya di kawasan Desa Bremi.

Kronologi ditemukannya bayi

Sementara itu, Kapolsek Krucil Iptu Abdul Wahid mengatakan, bayi tersebut ditemukan oleh seorang warga bernama Mustakin (19) yang sedang mencari kayu bakar, Senin (19/10/2020) lalu.

Saat itu, kata Wahid, Mustakim mendengar suara tangisan bayi. Mendengar itu, ia pun kemudian mencari asal usul suara tersebut.

Saat ditemukan, bayi tersebut dalam kondisi telanjang dan masih ada tali pusar yang menempel sekitar kurang lebih 25 sentimeter tergeletak di tanah.

"Ternyata itu suara bayi. Mustakim menemukan bayi atas di tanah persawahan tanpa sehelai benang pun menyelimutinya," kata Wahid, saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Melihat itu, sambung Wahid, Mustakim kemudian memanggil saudaranya, Satuni, untuk mengangkat dan menggendong bayi tersebut yang kondisinya masih hidup dan sehat untuk diperiksakan ke bidan desa setempat. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ibu yang Buang Bayinya di Sawah Ditetapkan Tersangka"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved