Breaking News:

2.000 Rumah Ikan Ditenggelamkan, Babel Tambah Wisata Bawah Laut Buatan di Perairan Pulau Bangka

Wisata bawah laut buatan di perairan Pulau Bangka akan diperbanyak seiring kerjasama antara Pemprov Kepulauan Bangka Belitung dan PT Timah Tbk.

Pos Belitung/Yuranda
Wisatawan Lokal berenang di Kawasan Spot Snorkling dan Diving, Minggu (16/06/2019) 

2.000 Rumah Ikan Ditenggelamkan, Babel Tambah Wisata Bawah Laut Buatan di Perairan Pulau Bangka

POSBELITUNG.CO - Wisata bawah laut buatan di perairan Pulau Bangka akan diperbanyak seiring kerjasama antara Pemprov Kepulauan Bangka Belitung dan PT Timah Tbk.

Dilansir dari Antara, penambahan wisata bawah laut buatan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan ekonomi masyarakat pesisir di pulau penghasil timah itu.

"Kita kedepannya tidak hanya menawarkan wisata pantai, tetapi juga wisata bawah laut buatan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah pendemi ini," kata Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut DKP Provinsi Kepulauan Babel, Fores Fernando di Pangkalpinang, Senin (30/11/2020).

Baca juga: BREAKING NEWS Dua anak SD di Belitung Timur Positif Covid-19

Ia mengatakan kegiatan rehabilitasi terumbu karang dan penenggelaman ribuan rumah ikan oleh PT Timah ini turut mendukung program pemerintah provinsi dalam mempercepat pembangunan sektor pariwisata dan kunjungan wisatawan di tengah pendemi Covid-19.

"Kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi inisiasi PT Timah yang telah merehabilitasi terumbu karang dan menebar 2.000 rumah ikan di perairan Pulau Bangka ini," ujarnya.

Menurut dia saat ini minat wisatawan dalam dan luar negeri berwisata bawah laut di Bangka Belitung tinggi. 

"Kita banyak memiliki destinasi wisata bawah laut, meskipun dalam tanda petik terumbu karang buatan di Pulau Bangka dan terumbu karang buatan ini secara berlahan-lahan akan menjadi alami," katanya.

Baca juga: Pakai Kaus Sambil Pangku Jaket, Ariel NOAH Bikin Heboh, Netizen Komentari Usia & Sosok di Sebelahnya

Ia menambahkan rehabilitasi lingkungan laut ini tidak hanya mendorong sektor pariwisata, tetapi juga dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan tradisional.

Pasalnya, terumbu karang buatan dan rumah ikan ini menjadi titik-titik tempat ikan berkumpul dan berkembang biak.

"Dengan adanya terumbu karang buatan dan rumpon ini, maka nelayan tidak lagi kesulitan mencari titik-titik gerombolan ikan, sehingga dapat meningkatkan hasil tangkapan dan ekonomi keluarga nelayan tradisional ini," katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Babel Tambah Wisata Bawah Laut Buatan di Perairan Pulau Bangka.

Editor: M Ismunadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved