Breaking News:

Berita Belitung Timur

Nelayan Kater Selamat Setelah Terombang-ambing di Lautan Siadong, Ditemukan dalam Kondisi Lemah

Nelayan kater ditemukan  terombang ambing di sekitar perairan laut Siadong dan laut Penanas setelah kapal miliknya mengalami kerusakan mesin.

Dok/Pos Sar Belitung
Proses evakuasi nelayan Manggar oleh Tim Sar Gabungan Manggar, Selasa (1/12/2020) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG --  Nelayan kater ditemukan  terombang ambing di sekitar perairan laut Siadong dan laut Penanas setelah kapal miliknya mengalami kerusakan mesin.

Danpos Basarnas Belitung, Rahmatullah mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari nelayan yang memiliki radio yang menghubungi Posko Sargabungan Manggar didarat sekitar pukul 20.30 WIB, Selasa (1/12/2020) malam.

Nelayan tersebut bernama Amirudin (50) warga Desa Kurnia Jaya, Kecamatan Manggar.

Selanjutnya Tim Sar Gabungan yang terdari Pos Basarnas Belitung, BPBD, dan TNI AL berserta nelayan sekitar dan pihak keluarga melakukan operasi pencarian di seputaran perairan Siadung dan Penanas.

Pos SAR Belitung  pada pukul 20.55 WIB Tim SAR gabungan diberangkatkan  untuk mengevakuasi korban menggunakan Rigid Inflatable Boat  02 Belitung.  

Perahu kater nelayan Manggar yang mengalami kerusakan mesin
Perahu kater nelayan Manggar yang mengalami kerusakan mesin (Dok/Pos Sar Belitung)

Jarak menuju lokasi nelayan dari ASDP Manggar membutuhkan waktu sekitar 1,5 Jam, tiba di lokasi pada pukul 23.40WIB nelayan tersebut langsung dievakuasi.

"Saat kami bertemu dengan nelayan hilang, kondisi perahu kater sedang ditarik oleh nelayan Manggar. Kami merapat ke nelayan dan berkoordinasi korban di evakuasi ke ruberboat agar lebih cepat sampai di darat, sedangkan kater nelayan ditarik nelayan turut membantu evakuasi," jelas Rahmat kepada posbelitung.co, Rabu (2/12/2020).

Kondisi nelayan saat ditemukan dalam keadaan lemah dan kelaparan, karena bekal makanan sudah habis, dan sudah sehari semalam melaut.

"Korban tiba di Pelabuhan ASDP Sekitar pukul 01.00 WIB di pelabuhan, dan sudah ada keluarga yang menunggu, korban pun langsung diantar kerumahnya,"  ungkap Rahmat.

Proses evakuasi nelayan Manggar oleh Tim Sar Gabungan Manggar, Selasa (1/12/2020)
Proses evakuasi nelayan Manggar oleh Tim Sar Gabungan Manggar, Selasa (1/12/2020) (Dok/Pos Sar Belitung)

( Posbelitung.co / Suharli )

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved