Breaking News:

Berita Belitung

Gubernur Usulkan 16 Alur Pelayaran di Bangka Belitung , Ini Alasannya

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengusulkan 16 alur pelayaran kapal kepada kementerian perhubungan (kemenhub).

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Resha Juhari
Pemandangan dari atas Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, yang menjadi destinasi wisata andalan di Pulau Belitung 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengusulkan 16 alur pelayaran kapal kepada kementerian perhubungan (kemenhub).

Alur pelayaran ini, tersebar ke berbagai kabupaten/kota di Negeri Serumpun Sebalai.

Satu diantaranya, sudah dibahas beberapa waktu dengan direktorat jenderal (dirjen) perhubungan laut.

Usulan belasan alur pelayaran kapal ini, diharapkan oleh orang nomor satu di Bangka Belitung tersebut, agar cepat disetujui.

"Karena domainnya di kementerian, jadi kami harap segera disetujui. Paling tidak dalam waktu dekat di survei dulu batimetri," kata Erzaldi kepada Posbelitung.co, Sabtu (5/12/2020).

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Menurutnya, agar cepat terwujud alur pelayaran ini,harus bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota di Bangka Belitung. Satu diantaranya bisa melakukan survei secara mandiri bersama-sama terlebih dahulu.

"Karena alur pelayaran ini penting sekali, agar kapal-kapal type besar berani masuk ke dermaga yang sudah disedikan. Apalagi alur kapal ini sudah ada penetapan dari pemerintah pusat, pasti akan berani masuk," ujarnya.

Apabila seluruh alur pelayaran kapal yang diusulkan ditetapkan melalui surat keputusan (SK) menteri perhubungan, maka akan segera disosialisasikan kepada calon pengguna.

"Terutama kita bisa menawarkan, bahwa alur itu aman dari sisi keselamatan dan keamanan. Nah dengan begitu banyak orang yang akan menggunakan alur ini, dan otomatis kapal akan bersandar di dermaga," beber Erzaldi.

( Posbelitung.co / Disa Aryandi )

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved