Breaking News:

Berita Belitung

Wabup Belitung Sarankan Relokasi Desa Pulau Gersik

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memiliki dua tugas penting yang harus segera dilakukan.

Posbelitung.co/Dede Suhendar
Wabup Belitung Isyak Meirobie. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memiliki dua tugas penting yang harus segera dilakukan.

Selain mengendalikan transmisi Covid-19, BPBD memiliki tugas tambahan mengantisipasi perubahan cuaca dan iklim yang terjadi di Belitung dengan segala potensi bencana.

Kondisi angin kencang dan gelombang pasang sudah melanda kawasan Pesisir Desa Pulau Gersik yang memang secara kajian posisi rumah sudah tidak layak berada di pinggir pantai akibat abrasi.

"Makanya perlu ada penawaran dari pemerintah desa untuk dilakukan relokasi. Tanpa relokasi tidak akan ada solusi," ujarnya kepada Posbelitung.co, Minggu (6/12/2020).

Isyak menilai langkah pertama yang bisa dilakukan memberikan bantuan untuk membangun tempat tinggal sementara.

Lalu, menyuplai bahan bangunan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Solusi jangka menengahnya justru melakukan relokasi ke wilayah yang aman dari potensi tersebut.

"Ini yang penting dan masyarakat setempat juga harus menyampaikan kondisi terkini di wilayah mereka. Itu contoh langkah yang bisa ditempuh," jelasnya.

Ia mengakui jelang penghujung tahun kondisi pantai di Belitung terdampak akibat gelombang pasang dan angin kencang.

Oleh sebab itu, kata dia, BPBD harus melakukan patroli rutin di lokasi rawan bencana.

Menurutnya persiapan yang sudah dilakukan harus tetap dimatangkan mengingat BMKG sudah menyampaikan potensi cuaca yang akan terjadi ke depan.

"Pak bupati memerintahkan kepada saya untuk menyampaikan kepada BPBD untuk melakukan persiapan terhadap potensi bencana yang memang sudah dilakukan sejak beberapa bulan tersebut," katanya. (Posbelitung.co /Dede S)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved