Breaking News:

Berita Belitung Timur

500 TNI/Polri Siap Amankan Pilkada Belitung Timur 2020, Kapolres Bekali APD

Sebanyak 500 pasukan TNI/Polri diterjunkan dalam pengamanan Pilkada Belitung Timur yang digelar Rabu (9/12/2020) lusa.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kapolres, Dandim, dan forkopimda Beltim saat memeriksa pasukan yang akan bertugas nantinya, Senin (7/12/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG --  Sebanyak 500 pasukan TNI/Polri diterjunkan dalam pengamanan Pilkada Belitung Timur yang digelar Rabu (9/12/2020) nanti.

500 pasukan ini terdiri dari Polres Beltim 318 personel, TNI sebanyak 120 personel, Polres Belitung 31 personel, dan BKO Kompi Brimob 31 personel. Selain itu juga disiagakan sebanyak dua Linmas di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Beltim.

Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo mengingatkan pada pasukan agar selalu menaati protokol kesehatan dalam bertugas.

"Kami juga bekali setiap pasukan APD berupa masker, sarung tangan, dan hand sanitizer supaya lebih terjaga," kata Jojo saat ditemui Posbelitung.co seusai Gelar Pasukan dan Pergeseran Pasukan BKO Pasukan Pengamanan Pilkada 2020 di Halaman Polres Beltim, Senin (7/12/2020).

Mengenai pola pengamanan, Jojo mengaku sudah mengatur strategi berdasarkan kerawanan wilayah. Ada tiga kategori pengamanan wilayah, yaitu sangat rawan, rawan, dan aman.

Jojo menjelaskan sangat rawan diklasifikasikan dengan jarak yaitu beberapa TPS yang berada di pulau terluar seperti Pulau Batun, Pulau Ketapang, Pulau Long, dan Pulau Bukulimau. Karena jarak tempuhnya maka ia berlakukan satu TPS dua personel Polri.

Kemudian untuk kategori rawan ia menyiagakan satu personel Polri untuk satu TPS. Sedangkan untuk kategori aman ia berlakukan satu personel Polri untuk tiga TPS yang berdekatan.

"Tentu juga didukung oleh personel TNI untuk mengcover 240 TPS di Beltim dengan DPT lebih kurang 89.000," kata Jojo.

Sementara itu, Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Mustofa Akbar mengatakan pihaknya akan selalu membackup, mengcover, dan membantu Polri dalam pengamanan Pilkada Serentak khususnya di Beltim.

Ia berharap dalam masa tenang ini situasi keamanan kondusif termasuk pada pelaksanaan pilkada supaya tertib, aman, dan lancar.

"Diimbau juga untuk seluruh komponen masyarakat agar menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani sehingga dapat pemimpin yang sesuai dengan hati masing-masing. Mari kita sukseskan bersama Pilkada Serentak ini," pesan Mustofa.
( Posbelitung.co / Bryan Bimantoro )

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved