Breaking News:

Berita Belitung

Bupati Belitung Sebut Bantuan Pulau Gersik Terkendala Cuaca Buruk

Pemerintah Kabupaten Belitung melalui petugas BPBD sudah bersiap, untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak ini.

Ist/dok Pemdes Gersik
Rumah warga Desa Pulau Gersik, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung yang diterapa ombak. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), senin (7/12/2020) sudah mengetahui tentang beberapa rumah di Desa Pulau Gersik, Kecamatan Selat Nasik 'hancur', akibat diterpa gelombang besar. 

Pemerintah Kabupaten Belitung melalui petugas BPBD sudah bersiap, untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak ini.

"Bantuan sudah kami siapkan, hanya saja sekarang terkendala cuaca buruk, kami tidak bisa mengirimkan bantuan itu. Ya pada intinya bantuan itu sudah siap semua," kata Sanem kepada Posbelitung.co, senin (7/12/2020).

Solusi jangka panjang terhadap bencana lantaran sering terjadi setiap tahun, kata dia, harus dibuatkan talud dan pemecahan ombak di seputaran pulau tersebut. Rencana itu, sudah sempat dibahas pada tingkatan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Namun, ketika itu Pemerintah Kabupaten masih memiliki kewenangan perairan laut. Tetapi setelah itu, kewenangan tersebut sudah bergeser ke Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

"Jadi kami sudah punya kewenangan ini, tapi keduluan kewenangan berubah ke Provinsi. Ya terlepas dari itu, kami tetap meminta dukungan Pemerintah Pusat. Karena ada program pengamanan pulau, jadi salah satu nya pulau itu lah yang kami usulkan untuk diamankan, karena itu satu Desa," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved