Breaking News:

Pilkada Belitung Timur

Logistik Pungut Hitung Bergeser Ke Desa-desa

Tahapan pendistribusian logistik merupakan tahapan yang sangat krusial yang membutuhkan penanganan dan manajemen

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
posbelitung/suharli
Proses Pendistribusian logistik pungut hitung pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur 2020 dari Gudang Logistik KPU Beltim. Senin (7/11/2020) 

POSBELITUNG.CO, POS BELITUNG - Tahapan pendistribusian logistik merupakan tahapan yang sangat krusial yang membutuhkan penanganan dan manajemen yang sangat baik. Hal itu disampaikan oleh Sekda Kabupaten Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi saat membacakan sambutan Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza dalam giat pelepasan logisitk pemungutan dan penghitungan suara.

Dia menuturkan logistik sudah harus sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) minimal satu hari sebelum hari Pemungutan Suara. Untuk itu dibutuhkan ketepatan waktu serta manajemen yang baik sehingga proses pendistribusian dapat berjalan dengan lancar.

Pilkada Tahun 2020 harus berlangsung pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19), sehingga dalam tahapan pendistribusian logistik terdapat dua jenis logistik yang harus disalurkan, yakni logistik pemungutan dan penghitungan suara yang meliputi surat suara, kotak suara, bilik, paku coblos, tinta tetes, ATK dan Formulir- formulir pendukung.

Sedangkan logistik lainnya yakni Alat Pelindung Diri (APD) yang meliputi masker, face shield, sarung tangan plastik, tempat cuci tangan, sabun cair, hand sanitizer, cairan disinfektan dan tempat sampah.

Disamping itu, yang harus menjadi perhatian adalah potensi hambatan dan rintangan dalam tahapan pendistribusian logistik ini, sepeni keteriambatan kertas suara, kekurangan jumlah kebutuhan surat suara dan perlengkapannya, TPS yang sulit diakses.

"Guna meminimalisir hambatan dan rintangan tersebut. perlu kesigapan dan perencanaan yang matang dengan melakukan pemetaan TPS, tempat penyimpanan logistik dan sarana transportasi yang memadai untuk menjangkau TPS terpencil," ujar Ikhwan menyampaikan sambutan Bupati Beltim, Senin (7/12/2020).

Menurutnya yang sangat diperlukan adalah pengamanan selama 24 jam dalam rangka memastikan bahwa surat suara dan perlengkapan tidak diakses oleh pihak yang tidak berkepentingan. 

"Saya mengingatkan agar KPU juga harus menyiapkan rencana alternatif untuk mengatasi kendala yang mungkin muncul pada hari H Pemungutan Suara," ujarnya. 

Hambatan dan rintangan dalam Pilkada Tahun 2020 ini, tentunya hal penting yang harus antisipasi bersama adalah adanya ketidakpatuhan semua pihak dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dia mengingatkan kepada semua pihak yang terlibat baik itu KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah, TNl/Polri Peserta Pilkada, Pelaksana Pilkada ditingkat PPK serta masyarakat luas harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved