Breaking News:

Bupati Belitung Tekankan Fungsi Pengawasan Saat Buka Bimtek BPD

Bupati Belitung Sahani Saleh mengingatkan pentingnya peranan Badan Pemasyarakatan Desa (BPD) dalam membangun sebuah desa.

(IST/dok Protokol Pemkab Belitung)
Bupati Belitung Sahani Saleh memukul gong simbolis pembukaan bimtek BPD, Senin (7/12/2020) malam. 

POSBELITUNG.CO -- Bupati Belitung Sahani Saleh mengingatkan pentingnya peranan Badan Pemasyarakatan Desa (BPD) dalam membangun sebuah desa.

Pernyataan tersebut disampaikan saat membuka acara bimtek peningkatan kapasitas dan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi BPD dalam penyelenggaraan pemerintah desa yang efektif, efisien dan akuntabel di Swis-belresort Belitung, Senin (7/12/2020) malam.

"Pelatihan seperti ini sifatnya wajib untuk pembinaan peranan BPD dalam membangun desa. Karena sebenarnya tidak semua anggota BPD memahami fungsinya sebagai penjelmaan aspirasi masyarakat," kata pria yang akrab disapa Sanem itu kepada posbelitung.co, Selasa (8/12/2020).

Pernah menjabat sebagai Camat Sijuk dan Selat Nasik, Sanem paham betul persoalan yang kerap terjadi di pemerintahan desa.

Oleh sebab itu, dirinya menekankan pentingnya pengawasan dari BPD demi pembangunan desa untuk mewujudkan desa mandiri.

Namun di sisi lain, jajaran BPD juga harus dibekali ilmu dalam menjalankan tupoksinya teruma keuangan agar selaras dengan pemerintahan desa.

Hal ini menyikapi kejadian beberapa oknum di desa yang terjerat kasus tindak pidana korupsi.

"Secara tatanan birokrasi, desa ini merupakan pemerintahan terbawah. Jadi baiknya suatu desa akan berdampak pada kesejahteraan negeri, makanya ada progra Nawa Cita Presiden Jokowi," katanya.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pendamping Desa Dedy menyampaikan kegiatan bimtek akan dilaksanakan selama tiga hari dengan menghandirika narasumber dari tingkat Kementerian Desa.

Selain itu, selama kegiatan para peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (posbelitung.co /dede s)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved