Breaking News:

Berita Belitung Timur

Peringatan Hari Ibu, Momentum Merenungkan Perjuangan Perempuan di Tengah Covid Menuju New Normal

Peringatan Hari Ibu tingkat Kabupaten Belitung Timur dilaksanakan di Auditorium Zahari MZ, dihadiri Susi Siswari Yuslih

Posbelitung.co, Suharli
Pemberian plakat penghargaan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung Timur Ny Susi Siswari Yuslih dari Dinas Sosial Belitung Timur Selasa, (8/12/2020). 

POSBELITUNG.CO - Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin saat menghadiri peringatan Hari Ibu yang ke-92 menyampaikan hari Ibu mengingatkan akan pentingnya pemahaman dan penghayatan serta arti perjuangan dan kebangkitan kaum perempuan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kebangkitan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Peringatan Hari Ibu tingkat Kabupaten Belitung Timur dilaksanakan di Auditorium Zahari MZ, dihadiri Susi Siswari Yuslih selaku Ketua Tim Penggerak PKK beserta pengurus, yang juga menyampaikan sambutan tentang sejarah Hari Ibu yang telah diperingati setiap tanggal 22 Desember.

"Keberhasilan yang telah dicapai selama ini adalah langkah awal dalam mewujudkan peranan perempuan Indonesia, sebagai contoh peranan perempuan di tengah pandemi Covid-19 yang menuju tatanan baru," ujar Pria yang sering disapa Aan itu saat membacakan sambutan Bupati Belitung Timur Selasa, (8/12/2020).

Dia menyampaikan Peringatan Hari Ibu menjadi momen meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap peran dan kedudukan kaum perempuan Indonesia, dalam upaya meningkatkan keutuhan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui peningkatan kualitas peran serta, baik peran pribadi, mandiri, maupun organisasinya dalam aktivitas pembangunan.

"Kegiatan hari ini juga sebagai media untuk meningkatkan peran serta instansi Pemerintah dan Non Pemerintah dalam mendorong kewirausahaan perempuan menjadi gerakan bersama yang dilaksanakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Organisasi Perempuan, Lembaga Masyarakat, Pemerhati Perempuan, Akademisi, Dunia Usaha, Media Massa, serta masyarakat pada umumnya," ucapnya.

Dia mencontohkan peranan perempuan di tengah pandemi covid-19 yang menuju tatanan baru ini. 

Menurutnya banyak wanita yang meninggalkan keluarga, anak untuk ambil bagian menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

"Tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju bertujuan agar membangkitkan kepedulian masyarakat tentang perspektif perempuan berdaya dapat dicapai dan dilakukan oleh setiap perempuan sebagai sebuah bentuk kesetaraan dalam peran," ujar Aan.

Ia menambahkan, tema itu pula ikut mendukung penguatan karakter perempuan berdaya melalui sektor ekonomi kewirausahaan perempuan sebagai salah satu solusi penurunan angka kekerasan terhadap perempuan. Sekaligus peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak, pencegahan perkawinan anak dan pencegahan pekerja anak.

"Semoga segala tujuan dan cita-cita mulia ini tercapai, menjadikan perempuan Indonesia, perempuan yang kuat, dapat memberdayakan diri secara pribadi maupun secara organisasi sehingga dapat membantu pemerintah dalam memberdayakan dan meningkatkan kualitas perempuan Indonesia," harap Aan.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung Timur Ny. Susi Siswari Yuslih menyatakan peringatan Hari Ibu ke-92 menunjukkan perjuangan kaum perempuan telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

"Peringatan Hari Ibu ke-92 merupakan momentum untuk merenungkan peran perempuan dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya di tengah pandemi Covid-19 menuju new normal yang menggambarkan semangat nasionalisme perempuan berdaya," ucapnya. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved