Breaking News:

Plt Menteri Pertahanan AS Bertemu Prabowo Subianto Bahas Soal Ini

Penjabat (Plt) Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Christopher Miller bertemu dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto di Indonesia, pada Se

TRIBUNNEWS/KEMHAN RI/Juli Syawaludin
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, menerima kunjungan kehormatan Acting Secretary of Defense of the United States H.E. Christopher C. Miller, di Kantor Kemhan, Jakarta. Senin (7/12/2020). Menhan RI mengatakan bahwa hubungan strategis kedua negara telah berjalan sangat baik. Menhan berharap dapat menjaga dan mengembangkan hubungan pertahanan yang erat. 

POSBELITUNG.CO — Penjabat (Plt) Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Christopher Miller bertemu dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto di Indonesia, pada Senin (7/12/2020).

Reuters melaporkan, kunjungan  pengganti Mark Easper ini sebagai bagian dari kunjungan atau tur ke Asia yang  akan mendorong kebijakan Indo-Pasifik washington yang bebas dan terbuka.

Pentagon telah mengatakan selama perjalanannya, Miller akan bertemu dengan rekan-rekan Menteri Pertahanan  dan pejabat senior lainnya untuk membahas pentingnya hubungan pertahanan bilateral dan mengamankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Setelah Indonesia, Miller akan menuju Filipina.

Miller ditunjuk residen Donald Trump pada 9 November, setelah ia memecat Menteri Pertahanan Mark Esper saat itu.

Sebelumnya,  Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark T Esper menandatangani sejumah Memorandum of Intent. Hal itu terjadi ketika Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Pentagon AS pada Jumat (16/10/2020).

Diantaranya, sepakat untuk memulai kembali pencarian tentara AS yang hilang di Indonesia selama Perang Dunia Kedua (PD II).

Upaya pencarian tentara AS di Indonesia tersebut nantinya akan melibatkan sebuah badan di bawah Kementerian Pertahanan AS yang bertugas untuk melakukan pencarian tersebut yakni Defense Prisoner of War/Missing in Action Accounting Agency.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan dalam Pernyataan Bersama Terkait Pertemuan Esper dan Prabowo yang diunggah dalam laman resmi Kementerian Pertahanan AS, www.defense.gov, pada Jumat (16/10/2020).

"Menhan Esper dan Menteri Prabowo menandatangani Memorandum of Intent untuk memajukan upaya Defense Prisoner of War/Missing in Action Accounting Agency untuk memulai kembali pekerjaannya di Indonesia dalam memulihkan sisa-sisa personel AS yang hilang di Indonesia selama Perang Dunia II," kata keterangan tersebut. 

Halaman
12
Penulis: tidakada008
Editor: Rusmiadi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved