Breaking News:

Berita Belitung

Tidak Ada Penambahan Libur Setelah Libur Nasional

Jadi walau Belitung ini tidak melaksanakan Pilkada, ASN (Aparatur Sipil Negara) tetap libur

posbelitung.co/Disa Aryandi
Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Saprin 

POSBELITUNG.CO -- Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) sudah membuat surat edaran (SE) tentang libur nasional hari pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020 Selasa, (8/12/2020).

SE itu dibuat guna meneruskan surat Keputusan Presiden (Kepres) nomor 22 tahun 2020. Tapi khusus Kabupaten Belitung, walaupun tidak ada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), tetap 'kecipratan'' mendapat libur nasional.

"Ya tetap sama, karena itu libur nasional, dan sudah ada keputusan pak Presidennya. Jadi walau Belitung ini tidak melaksanakan Pilkada, ASN (Aparatur Sipil Negara) tetap libur," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Saprin kepada Pos Belitung.

Libur nasional hari pemungutan suara tertanggal 9 Desember 2020 besok. Tetapi setelah libur nasional  berlangsung, ASN kembali masuk seperti biasa pada tanggal 10 Desember 2020.

"Jadi tidak ada istilah penambahan libur lagi, dan ASN tetap kembali bekerja seperti biasa. Surat edarannya hari ini sudah kami sebar ke OPD - OPD (Organisasi Perangkat Daerah), tadi sudah ditandatangani pak Bupati," ujarnya.

Apabila ada ASN membolos setelah hari Rabu besok, alias tidak masuk kerja seperti biasa, maka ASN tersebut tetap dikategorikan alfa.

"Terkecuali ASN itu tidak masuk karena ada keterangan sakit, melahirkan atau apa, itu beda cerita lagi. Tapi kalau alfa, tetap ada sanksinya. Jadi tidak ada cerita menambah libur," ucapnya. 

Selain SE tersebut, Bupati Belitung sudah menandatangani SE tentang hari libur nasional lainnya, dan cuti bersama tahun 2020. Libur nasional perayaaan hari natal tahun 2020, dan cuti bersama yaitu tertanggal 24 Desember 2020, serta tanggal 31 Desember 2020, sebagai pengganti cuti bersama Idul Fitri.

"Tadi sudah ditandatangani oleh pak Bupati, dan sama seperti libur nasional pemungutan suara besok, mulai disebar ke OPD - OPD (Organisasi Perangkat Daerah)," kata Saprin.

Libur nasional dan cuti bersama tersebut ditetapkan oleh orang nomor satu ini atas dasar keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Ya daerah meneruskan saja. Ya kami minta kepada pegawai, sesuai arahan, agar bisa memanfaatkan libur nasional dan cuti bersama ini, untuk dimanfaatkan sebaik mungkin," ujarnya.

Ia mengingatkan, kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), agar melakukan liburan tidak dengan berkumpul-kumpul, dan tetap mematuhi protokol kesehatan, lantaran sekarang ini masih dalam kategori pandemi covid-19. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved