Breaking News:

Berita Belitung

Pemdes Pulau Seliu Kumpulkan Sumbangan Perbaiki Dermaga Teluk Gembira yang Putus

Kondisi dermaga penyeberangan menuju Pulau Seliu di Teluk Gembira, Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong kian memprihatinkan.

(dok pribadi Edyar)
Kondisi dermaga penyeberangan di Teluk Gembira, Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Rabu (9/12/2020). 

POSBELITUNG.CO -- Kondisi dermaga penyeberangan menuju Pulau Seliu di Teluk Gembira, Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong kian memprihatinkan.

Pemkab Belitung melalui dinas teknis sempat tiga kali menganggarkan biaya rehab namun terkendala status aset dari pemilik lahan.

Mengingat kondisi semakin parah, akhirnya Pemdes Pulau Seliu berinisiatif melakukan perawatan dengan dana urunan masyarakat beserta pihak pengguna dermaga tersebut.

"Sekarang dermaganya sudah putus, jadi kami berinisiatif melakukan rehab darurat menggunakan kayu dengan dana swadaya karena tidak bisa pakai dana pemerintah," ujar Kades Pulau Seliu Edyar kepada posbelitung.co, Rabu (9/12/2020).

Ia mengatakan saat ini dermaga Teluk Gembira merupakan satu-satunya akses penyeberangan menuju Pulau Seliu.

Bahkan seluruh kebutuhan masyarakat desa diangkut melalui dermaga tesebut.

Oleh sebab itu, jika dermaga tidak bisa difungsikan secara otomatis perekonomian di sana akan lumpuh.

Sehingga hasil rapat koordinasi bersama seluruh perangkat desa memutuskan dana swadaya dipungut tidak hanya dari masyarakat tetapi pihak lain yang akan memanfaatkan dermaga tersebut.

"Kalau untuk pelaku transportasi, pelaku usaha pengepul itu akan ditetapkan melalui rapat yang rencananya pekan depan. Tapi atas dasar kesepakatan bukan paksaan, sama seperti warga itu sumbangan sukarela juga," ungkapnya.

Selain itu, kata Edyar, dalam rapat tersebut tukang yang ditunjuk juga ikut hadir untuk menghitung besaran biaya yang dibutuhkan.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved