Pilkada Belitung Timur

Logistik Pilkada Belitung Timur 2020 Mulai Bergeser ke Gudang KPU Beltim

Hasil Perhitungan suara di tingkat kecamatan pada Pilkada Belitung Timur 2020 ditargetkan selesai dalam waktubsatu hari.

Penulis: Suharli | Editor: Khamelia
posbelitung/suharli
Rapat Pleno rekapitulasi hasil pilkada Belitung Timur 2020 di Kecamatan Dendang, Belitung Timur. Jumat (11/12/2020) 

POSBELITUNG.CO - Hasil Perhitungan suara di tingkat kecamatan pada Pilkada Belitung Timur 2020 ditargetkan selesai dalam waktubsatu hari.

Rapat Pleno hasil penghitungan suara ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilaksanakan secara seretak hari Jumat (11/12/2020).

"Rekap tingkat kecamatan dilakukan serentak di tujuh kecamatan. Kegiatan itu dipimpin langsung PPK disaksikan oleh saksi dari kedua pasang paslon, dan melibatkan Panwaslu Kecamatan ditargetkan bisa diselesaikan dalam waktu satu hari," ujarnya Komisioner KPU Belitung Timur Divisi teknis penyeleggara, Yuli Restuardi kepada posbelitung.co.

Menurutnya menargetkan selesai satu hari karena permasalahan di lapangan tidak terlalu banyak dan tidak ada yang signifikan.

"Kami harapkan sore atau malam hari bisa selesai, jika selesai hari ini maka untuk rekap tingkat Kabupaten bisa dilaksanakan hari Minggu (13/11) pukul 13.00 di Auditorium Zahari MZ," ujarnya.

Mengenai mekanisme untuk ditingkat Kecamatan masing-masing TPS atau Panitia ditingkat Desa akan membuka kotak dan membacakan hasil ditingkat TPS satu persatu kemudian dicatatkan.

Dia menjelaskan pencatatan menggunakan sirekap atau sistem informasi rekapitulasi yang dikembangkan KPU RI, menurutnya aplikasi ini adalah hal yang baru KPU Beltim berharap Aplikasi berjalan lancar.

"Artinya begitu bisa terekam sirekap ditingkat kacamatan, nanti ditingkat Kabupaten bisa muncul juga Secara otomatis oleh sistem tersebut," ujarnya.

Dia menambahkan bila pun dalam pelaksanaan ada kendala dalam sirekap, KPU Beltim sudah memiliki rencana lain yakni, dengan mencatatkan langsung melalui aplikasi excel secara manual.

"Artian manual, tidak seperti dulu menulis dikertas tetapi tetap dilakukan melalui aplikasi digital," bebernya. 

Di Kecamatan Dendang hasil Rapat Pleno hasil penghitungan suara ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) selesai sekitar pukul 17.00 WIB,

Ketua Panitia pemilihan Kecamatan (PPK) Dendang, Febryansyah menyampaikan di Kecamatan Dendang ada sebanyak 22 TPS dari 4 desa sekecamatan Dendang , dengan mata pilih 7826 sedangkan yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 6123 pemilih.

Untuk perolehan suara pasangan nomor 1 sebanyak 3278 suara dan nomor sebanyak 2644 suara sedangkan suara tidak sah sebanyak 201 suara tidak sah.

"Alhamdulilah selama tahapan  pungut hitung boleh dikatakan tidak ada kendala, karena masyarakat juga sudah paham  mungkin dengan pemilu dan pilkada, dilihat dari jumlah tidak suara tidak sah memang benar masyarakat memberikan hak suaranya secara baik," ujar Febry.

Sementara Ketua Paswaslu Kecamatan Dendang, Mustaghfiri Asror menuturkan  rapat pleno di tingkat camatan Dendang berjalan dengan lancar, selanjut kotak dan surat suara akan bergeser malam ini juga ke Gudang Logistik KPU Belitung Timur.

'Selama tahapan pungut hitung tidak ada temuan-temuan yang kami temui atau dilaporkan atau disampaikan oleh pengawas TPS dan Pengawas Desa, sehingga proses rapat pleno bisa berjalan dengan lancar," ujar Asror.

Menurutnya koordinasi antar lembaga selama tahapan Pilkada Belitung Timur cukup bagus  hanya sempat dikhawatirkan sebelum proses pungut hitung mengingat daerah bagian Selatan pulau Belitung itu mengalami cuaca tidak bersahabat yakni hujan lebat pada H-1 pencoblosan.

"Tapi alhamdulillah tidak ada TPS yang terdampak karena hujan lebat pada  malam itu," ucapnya.

Kotak suara mulai bergeser ke Gudang Logistik KPU Belitung Timur sekitar pukul 18.10 WIB dengan pengawalan dari KPU Kabupaten, Bawaslu Beltim dan Panwaslu Kecamatan Dendang serta unsur TNI Polri. (Posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved