Breaking News:

Pilkada Belitung Timur 2020

Berakar Unggul 5.168 Dibanding Beltim Kaya

KPU Belitung Timur telah membacakan berita acara hasil perolehan suara pada Pilkada Belitung Timur 2020 Tingkat Kabupaten. Hasilnya Pasangan Berakar,

posbelitung.co/suharli
Para Komisoner KPU Belitung Timur Dan Komisioner Bawaslu Belitung Timur saat penyerahan berita acara Rapat Pleno rekaoitulasi penghitungan suara dari KPU Beltim ke Bawaslu Beltim, Minggu (13/12/2020) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - KPU Belitung Timur telah membacakan berita acara hasil perolehan suara pada Pilkada Belitung Timur 2020 Tingkat Kabupaten. Hasilnya Pasangan Berakar, Burhanudin-Khairil Anwar unggul  5.168 suara dibanding lawan politiknya Beltim Kaya, Yuri Kemal-Nurdiansyah.

Rapat Pleno Rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kabupaten, pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur 2020 dilangsukan di Auditarium Zahari MZ, Minggu (13/12/2020).

Hasilnya, Pasangan Burhanudin-Khairil Anwar memperoleh suara sebanyak 36.255
suara, sedangkan Pasangan Yuri Kemal - Nurdiansyah memperolah suara sebanyak 31.087. 

Jumlah pemilih sah sebanyak 67.342
suara, sedangkan suara tidak sah sebanyak 2.224.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik mewakili Bupati Beltim, Kapolres Beltim, Dandim 0414 Belitung, Komisioner KPU Babel, Komisioner Bawaslu Babel, Komisioner KPU Beltim, Komisioner Bawaslu Beltim, Saksi dari Pasangan Calon, PPK se-Beltim dan undangan Iainnya.

Ketua KPU Belitung Timur, Rizal, Minggu (13/12/2020) menyampaikan berita acara rekapitulasi bukan penetapan calon terpilih.

"Proses ini memang sudah sesuai prosedur dengan program tahapan dan jadwal, Tanggal 13 ini adalah tanggal pertama sesuai program jadwal di peraturan KPU nomor 5 tahun 2020 tentang program tahapan dan jadwal pemilihan gubernur, bupati dan walikota," ujar Rizal kepada posbelitung.

Pembacaan rekapitulasi D hasil kecamatan sekabupaten Belitung Timur, dibacakan oleh masing-masing PPK, yang kemudian hasilnya ditetapkan oleh KPU Kabupaten.

Setelah tahapan Rapat Pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten, KPU akan memberikan waktu selama tiga hari sejak ditetap ditetapkan rekapitulasi untuk para pihak mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

"Tapi syarat-syaratnya memang harus terpenuhi, ketika para pihak untuk mendaftarkan gugatannya ke mahkamah konstitusi yaitu PHPU  (perselisihan hasil pemilihan umum) ke Mahkamah Konstitusi Nah nanti setelah proses itu berjalan Mahkamah Konstitusi akan mengeluarkan register.

Halaman
12
Penulis: Suharli
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved