Breaking News:

Berita Belitung Timur

2021, Ada Rencana BLT Dana Desa Lagi di Belitung Timur

Sebanyak 39 Desa Se-Kabupaten Belitung Timur mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

(istimewa dok Pribadi)
Penyerahan piagam penghargaan dari Menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi secara simbolis disampaikan Kadinsos PMPD kepada Kepala Desa. Kamis (17/12/2020) 

POSBELITUNG.CO - Sebanyak 39 Desa Se-Kabupaten Belitung Timur mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, atas keberhasilannya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tepat Waktu, Hal itu disampaikan PIC BLT Dana Desa Belitung Timur, Tri Jono Agus Santosa.

"Regulasi BLT DD ini kan keluar setelah APBDes ditetap kan pada 2020, kemudian kebijakan BLT pun sampai dengan tiga kali (periode 1-3), jadi kan ada energi yang terkuras dari kawan-kawan desa untuk menyalurkan BLT ini berkenaan dengan perencanaannya dan penganggarannya, maka bentuk apresiasinya dari Kementrian desa satu diantaranya piagam penghargaan," ujar Agus kepada posbelitung.co, Kamis (17/12/2020).

Menurut Agus total BLT DD yang telah digelontorkan sejumlah Rp 18.173.100.000,- yang mana pada periode 1 sampai dengan 6 semua desa se-Belitung Timur nyalurkan BLT DD, Sedangkan pada periode 7 sampai dengan 9 hanya belasan desa saja yang mampu menyalurkan BLT DD.

Kasi Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) Kabupaten Beltim, Aditya Kusuma menjelaskan penyaluran pada periode 7 sampai dengan 9 karena regulasi baru muncul diakhir tahun, tidak semua desa mampu menyalurkan BLT DD.

Namun hal itu, menurutnya bukan karena desa tidak mau menyalurkan akan tetapi karena kondisi keuangan desa tidak semuanya sama di Belitung Timur, oleh karenanya hanya belasan Desa saja yang menyalurkan pada periode 7 sampai dengan 9.

"Jadi menyesuaikan kebijakan fiskal APBDes 2020," ujarnya.

Dia menambah informasi sementara yang didapat, sehubungan pandemi covid-19 yang belum tahu kapan berakhirnya, ada wacana pada tahun 2021 akan dianggarakan BLT senilai Rp 200 ribu kali 12 bulan.

"Akan tetapi eksekusinya kami masih menunggu regulasi tertulisannya. Tapi informasi awal masih ada anggaran BLT di tahun 2021," ucapnya.

Piagam penghargaan kepada desa diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Sosial PMPD Belitung Timur, Ida Lismawati kepada kepala Desa, di Kantor Dinas sosial PMPD.

Dinas Sosial Belitung Timur mengapresiasi seluruh Kepala Desa dan perangkatnya yang telah mensukseskan dan mendukung program pemerintah sebagai satu di antara upaya penanganan dan pemulihan ekonomi dimasa pandemi covid-19, dan ditahun 2021 diharapkan pemerintah desa tetap mempertahankan kinerja dan ditingkatkan. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved