Breaking News:

Pegadaian Catat Transaksi Online Capai Rp 3,3 Triliun Selama Pandemi

Tren positif ini diyakani bakal terus berlanjut hingga akhir tahun, bahkan menjadi tumbuh sebesar 10 persen atau dobel digit.

Editor: Tedja Pramana
posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Nasabah saat bertransaksi di Pegadaian Tanjungpandan, Rabu (15/7/2020). 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - PT Pegadaian (Persero) mencatat transaksi digital sejak awal tahun hingga Oktober 2020 mencapai Rp 3,3 triliun. Nilai itu berasal dari 1,35 juta transaksi yang dilakukan nasabah.

Direktur Teknologi Informasi dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono mengatakan, perseroan telah melakukan transformasi digital sejak 2 tahun terakhir. Menurut dia, digitalisasi yang dilakukan berhasil mendorong kinerja perusahaan.

"Kami lihat digital service cukup bagus, dalam dua tahun ini pertumbuhan transaksi hampir 4 kali lipat. Performa Pegadaian masih cukup bagus di masa pandemi ini," ujarnya dalam webinar Indonesia Digital Conference (IDC) 2020: Inovasi Beyond Pandemi, Rabu (16/12/2020).

Ia menjelaskan, kinerja Pegadaian di masa pandemi terjaga pertumbuhan pembiayaan sebesar 8,84 persen secara tahunan yakni menjadi Rp 54,81 triliun. Tren positif ini diyakani bakal terus berlanjut hingga akhir tahun, bahkan menjadi tumbuh sebesar 10 persen atau dobel digit.

"Kondisi keuangan kami juga kuat, sehingga kami percaya (bisa mencapai dobel digit)," sebutnya.

Menurut Teguh, perusahaan gadai pelat merah tersebut akan terus mendorong transformasi digital ke depannya. Lantaran, digitalisasi merupakan keharusan di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

Investasi yang digelontorkan pun cukup besar yakni Rp 500 miliar per tahun atau sekitar 2-3 persen dari pendapatan perusahaan.

"Karena kalau kita tidak lakukan transformasi, tinggal tunggu kapan mati pelan-pelan. Maka investasi Rp 500 miliar, ini sangat layak karena akan mendukung Pegadaian untuk mempertahankan eksistensinya di masa depan," tutup Teguh. (*)

Artikel ini telah terbit di Kompas.com dengan judul "Selama Pandemi, Transaksi Online Pegadaian Capai Rp 3,3 Triliun"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved