Breaking News:

PT SMM Perkebunan Kelapa Sawit Pertama Raih Proper Emas 2020 dari KLHK

PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) satu diantara perusahaan yang bernaung di bawah PT Austindo Nusamara Jaya Tbk (ANJ) meraih anugerah PROPER Emas

PT SMM Perkebunan Kelapa Sawit Pertama Raih Proper Emas 2020 dari KLHK
(Istimewa dok PT SMM)
Juli Wankara Purba General Manager SMM saat memegang piala, didamoingi ibu Istini T. Siddharta CEO ANJ Tbk

POSBELITUNG.CO - PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) satu diantara perusahaan yang bernaung di bawah PT Austindo Nusamara Jaya Tbk (ANJ) meraih anugerah PROPER Emas dari Kementenan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republlk Indonesia untuk periode 2019/2020 PT SMM mencatat sejarah sebagai perkebunan kelapa sawit pertama yang menerima PROPER Emas.

PROPER merupakan upaya pemerintah untuk mendorong perusahaan perusahaan di Indonesia taat dalam pengelolaan lingkungan hidup Penghargaan ini diberikan oleh KLHK dengan mengukur kinerja keberlanjutan Perusahaan melalui berbagai Inisiatif yang telah dilakukan.

Peringkat kinerja PROPER dibedakan menjadi lima warna yakni Emas, Hijau, Biru, merah, dan Hitam. Emas dan Hijau adalah penghargaan atas pemenuhan kriteria lebih dari yang dipersyaratkan.

SMM, yang berlokasi di "Negeri Laskar Pelangi", Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belltung, berkomitmen untuk senantiasa mematuhi peraturan dalam pengelolaan lingkungan dan sejak tahun 2009 telah terlibat dalam penilaian PROPER Pemenuhan lebih dari yang dipersyaratkan dilakukan melalui berbagai Insiatif dan Inovasi dalam penerapan sistem Managemen lingkungan, efesiensi energi.

Penurunan emisi dan Gas Rumah Kaca (GRK), konservasi dan penurunan beban pencemaran air, penerapan 3R Limbah B3 dan Limbah Padat Non B3, perlindungan keanekaragaman hayati di lahan konservasi disekitar perusahan, serta program pengembangan masyarakat di desa sekitar perusahaan yang berkategori Ring Satu.

“Pencapaian SMM sebagai peraih penghargaan PROPER Emas merupakan bukti komitmen kami terhadap prinsip pengembangan bertanggung jawab yang kami anut dan terapkan. Penghargaan ini menjadi motivasibbagi kami untuk terus bennovasibmenghasilkan produk yang berdampak positif terhadap lingkungan, kesejahteraan masyarakat sekitar dan perusahaan," ujar Chief Executive Officer Grup ANJ, Istini T. Sidarta melalui rilis ANJ,  Kamis (17/12/2020).

Sementara itu, General Manager PT SMM,Juli Wankara Purba menuturkan, SMM menerapkan Kebijakan Zero Waste dengan mengatur , memantau, dan mengelola semua limbah yang dihasilkan dari semua tahapan proses kegiatan. 

 "Pada tahun 2019, kami melakukan upaya 3R Limbah B3, dan berhasil mengurangi limbah B3 sebesar 7,56 Ton. Inisiatif 3R juga kami lakukan terhadap 6072,62 Ton limbah padat non B3,"  ujarnya.

Untuk mendukung lingkungan yang lebih baik, SMM juga telah melakukan beberapa inovasi.
antara lain pada proses penanganan limbah padat non BB,  yaitu memanfaatkan pelepah sawit menjadi desinfektan. lnovasi lain yang disebut Biobag, menjadi pionir dan masuk dalam Buku Best Practice dan lnovasi yang dikeluarkan oleh KLHK. 

"lnovasi Biabag ini memberikan dampak perbaikan kualitas lingkungan berupa penurunan emisi sebesar 23,57 Tan 002," ujar Juli. 

Halaman
12
Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved