Breaking News:

Berita Belitung

109.000 Wisatawan Berkunjung ke Belitung Hingga November 2020, Diprediksi Tahun 2021 Meningkat

Hingga November 2020, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung mencatat ada 109.100 wisatawan yang berkunjung.

Capture youtube Tokiran
Pulau Lengkuas Belitung 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG --  Hingga November 2020, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung mencatat ada 109.100 wisatawan yang berkunjung.

Data tersebut, terdiri dari 102.400 wisatawan domestik dan 6.700 wisatawan mancanegara. Jumlah tersebut melampaui target yang sebelumnya ditetapkan yakni sebanyak 108.000

"Itu sampai November, belum Desember, sudah mencapai target target sempat direvisi dari 500.000, menjadi 108 ribu. Kalau dara sampai Desember, laporannya muncul Januari 2021, diperkirakan meningkat," jelas Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Rohili, Minggu (20/12/2020).

Ia menyebutkan, penetapan target kunjungan wisawatan dimasa pandemi tetap harus rasional karena belum diketahui pasti kapan pandemi berakhir.

Walau memang adanya vaksin yang bakal dibagikan ke masyarakat menjadi kabar baik, terutama bagi industri kepariwisataan.

Selain itu dengan adanya vaksin Covid-19 juga dinilai akan berpengaruh positif karena bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin bepergian ke suatu daerah, sehingga 2021 mendatang, pihaknya menargetkan kunjungan bisa mencapai 250.000.

"Dengan catatan harus tetap bekerja keras, tidak hanya mengandalkan dispar tapi OPD lain, komunitas, organisasi harus punya visi sama memajukan kepariwisataan,"kata Rohili.

Kabid Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Rohili.
Kabid Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Rohili. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Untuk itu pihaknya telah menyusun strategi seperti melaksanakan kalender event dan menggencarkan promosi, baik berskala nasional maupun internasional. Rohili menuturkan, kalau perkembangan ke depan jika penerbangan internasional buka kembali, maka pangsa pasar ASEAN pun bakal terbuka.

Di samping Belitung yang telah lulus sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) turut menambah branding Belitung bukan hanya di nasional, tapi juga secara internasional.

"Kalau sudah begitu prediksi bahwa tahun depan kemungkinan wisatawan luar negeri akan datang, terutama wisata riset dan penelitian. Kalau itu terjadi tren ke depan wisatawan yang berkualitas, walaupun jumlah tidak membludak seperti tahun sebelumnya, kualitas lama tinggal (length of stay) atau belanja meningkat," ucap Rohili.

Ia menyebut, tahun depan pihaknya mengharapkan walaupun vaksin sudah ada, tapi protokol kesehatan dalam berwisata tetap diterapkan. Hingga nanti mata rantai penyebaran penyakit tersebut sudah tidak ada lagi.              ( Posbelitung.co / Adelina Nurmalitasari )

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved