Breaking News:

Jembatan Bambu Senilai Rp 200 Juta, Viral di Medsos

Setelah pondasi jembatan selesai dibangun, warga kemudian berinisiatif untuk membuat lantai jembatan dengan anyaman bambu.

Editor: Tedja Pramana
kompas.com
Inilah jembatan anyaman bambu yang menghubungkan Desa Pandak dan Desa Bulak Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Jembatan itu menjadi viral lantaran terdapat papan proyek menyebutkan nilai pembangunannya hampir mencapai Rp 200 juta. 

POSBELITUNG.CO - Sebuah jembatan bambu di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, viral di media sosial. Sebab, jembatan itu disebut-sebut menelan biaya dengan anggaran Rp 200 juta.

Diketahui, jembatan itu menghubungkan Desa Bulak dan Desa Pandak, Kecamatan Balong.

Terkait dengan itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Ponorogo, Jamus Kunto pun angkat bicara.

Kata Jamus, awalnya ada usulan dari warga untuk memperbaiki jembatan tersebut.

Pasalnya, jembatan bambu itu posisinya rendah dan memicu banjir saat air sungai meluap. Selain itu, hanya memiliki lebar 2 meter.

"Pembangunan jembatan itu merupakan aspirastif dari legeslatif desa setempat. Pembangunan jembatan itu atas permintaan warga karena kondisi jembatan sudah lama," kata Jamus yang dihubungi Kompas.com, Jumat (18/12/2020).

Usai menerima usulan itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) meminta DPUPR untuk menghitung anggarannya, setelah dihitung sekitar Rp 500 juta hingga Rp 600 juta.

Saat itu dana yang tersedia sekitar Rp 200 juta dan pihak desa menyetujuinya. Anggaran itu kemudian digunakan untuk pembangunan pondasi jembatan bagian kanan dan kiri.

"Dananya dari Bapeda Rp 200 juta. Ya sudah kita cukupkan di pondasi itu, 2021 kita tunggu alokasi anggaran baru kita lanjut," kata Jamus, dikutip dari KompasTV.

Setelah pondasi jembatan selesai dibangun, warga kemudian berinisiatif untuk membuat lantai jembatan dengan anyaman bambu. Sementara dapat dilewati sepeda motor, sepeda, dan pejalan kaki.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved