Breaking News:

Sistem Data AS Diretas Pihak Asing, Pompeo Tuduh Rusia, Trump Tuding China

Sistem internet sejumlah lembaga negara di AS dikabarkan terkena peretasan beberapa hari lalu, sesudah Pemilu AS 2020.

pixabay
Ilustrasi Hacker. 

POSBELITUNG.CO – Sistem internet sejumlah lembaga negara di AS dikabarkan terkena peretasan beberapa hari lalu, sesudah Pemilu AS 2020.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menuduh peretasan dilakukan pihak Rusia. Presiden AS Donald Trump lewat akun Twitternya, berpendapat China yang melakukan upaya peretasan itu.

Joe Biden, Presiden AS terpilih, mendiskusikan opsi-opsi menghukum Rusia atas aksi itu, begitu dirinya dilantik 20 Januari 2021. Kabar ini diwartakan Reuters dan Sputniknews, Minggu 920/12/2020). 

 Namun pengamat politik AS, Gilbert Doctorow dan Earl Rasmussen menilai tuduhan ke Rusia atau China penuh narasi prasangka.

"Salah satu fitur konstan kebijakan luar negeri Amerika, dalam masa transisi (Trump ke Biden) para perusak menggunakan 'interregnum' untuk mencegah kebijakan masuk akal diimplementasikan pemerintahan mendatang,” kata Doctorow.

Ia mengingatkan jelang Trump masuk Gedung Putih Desember 2016, terjadi penyitaan ilegal properti konsuler Rusia di Washington. Peristiwa itu jadi batu sandungan pendekatan Trump dan Rusia.

Doctorow percaya DPR yang dikendalikan Demokrat dapat menggunakan tuduhan anti-Rusia baru-baru ini untuk mengajukan RUU sanksi yang lebih keras, kemungkinan terkait proyek pipa Nord Stream 2 .

Mega proyek pipanisasi gas Rusia ke Eropa itu dikerjakan Gazprom, dan kini sedang dalam tahap penyelesaian.

Pada 17 Desember 2020, Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS mengeluarkan peringatan, lembaga pemerintah AS, entitas infrastruktur, dan sektor swasta terus-menerus berusaha dibobol peretas asing.

Usaha itu dilakukan setidaknya sejak Maret 2020. Tidak pernah disebut pelakunya dari Rusia atau China. Informasi itu diamplifikasi dua media besar, kantor berita Reuters dan The Washington Post.

Halaman
123
Penulis: tidakada008
Editor: Rusmiadi
Sumber: TribunNewsmaker
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved