Breaking News:

Berita Belitung Timur

BPBD Belitung Timur Ingatkan Warga Cuaca Ekstrim dan Potensi Bencana

Belitung Timur dan hampir seluruh wilayah Kepulauan Bangka Belitung saat ini dilanda cuaca ekstrim

Posbelitung.co/suharli
Kalakhar BPBD Beltim Andre 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Belitung Timur dan hampir seluruh wilayah Kepulauan Bangka Belitung saat ini dilanda cuaca ekstrim. Hal ini harus mendapat perhatian dari seluruh pihak supaya tidak beresiko tinggi menimbulkan bencana.

Atas hal ini, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belitung Timur Andre meminta masyarakat waspada dan hati-hati. Terutama bagi masyarakat nelayan yang akrab dengan laut karena cuaca juga menyebabkan gelombang tinggi.

Kepada posbelitung.co, Selasa (22/12/2020) Andre mengatakan Beltim sendiri ada potensi bencana yang terjadi, seperti angin kencang dan banjir rob. Ia mengatakan kedua bencana tersebut sudah beberapa kali terjadi di bumi laslar pelangi ini.

Andre bilang bagi warga yang di sekitarnya ada pohon tua dan besar segera hubungi pihaknya agar bisa ditebang sehingga tidak membahayakan saat terjadi angin kencang. Selain itu, menurutnya saat ini seluruh permukaan air laut di Beltim naik sebesar 11 cm.

"Ini jadi perhatian kita bersama. Kami juga menyiagakan puluhan petugas kami untuk membantu masyarakat dan melakukan upaya-upaya pencegahan bencana," kata Andre.

Andre menyarankan kepada warga yang tinggal di daerah di bawah permukaan air laut selalu membersihkan saluran drainase dan menjaga lingkungan sekitar agar bersih. Hal ini menurutnya bisa mengurangi resiko banjir yang besar jika terjadi rob ataupun hujan lebat.

Ia berharap wilayah Belitung Timur dijauhkan dari segala bencana alam. Namun, kalaupun terjadi bencana ia mengaku sudah menyiapkan bantuan logistik bagi para warga yang terdampak.

"Ini bentuk kesiapan kita. Tapi kita juga tidak mengharapkan bantuan itu terpakai bagi para korban ya," katanya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved