Breaking News:

Berita Belitung

Kasus Penggerebekan Pabrik Arak Masuk Tahap Dua, Kejari Belitung Terima Penyerahan Tersangka

Kejari Belitung akhirnya menerima penyerahan tersangka dan barang bukti atas perkara penggerebekan pabrik arak pada Selasa, (22/12/2020).

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Khamelia
(posbelitung.co /dede s)
Anggota Sat Narkoba Polres Belitung dibantu Satpol PP menaikan barang bukti arak fermentasi sebelum dilimpahkan ke Kejari Belitung, Selasa (22/12/2020). 

POSBELITUNG.CO -- Kejari Belitung akhirnya menerima penyerahan tersangka dan barang bukti atas perkara penggerebekan pabrik arak pada Selasa (22/12/2020).

Penyidik Sat Narkoba Polres Belitung dibantu Satpol PP Kabupaten Belitung menyerahkan ratusan liter arak fermentasi yang tersimpan dalam empat drum plastik beserta peralatan produksi.

Kedua tersangka Fan Tjin (64) dan Ester (62) pasangan suami istri juga diserahkan kepada kejaksaan.

"Perkara miras dari penyidik Polres Belitung sudah diserahkan untuk tersangka dan barang bukti atau istilahnya tahap kedua. Jadi perkara ini akan segera disidangkan," ujar Kajari Belitung Ali Nurudin kepada posbelitung.co, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Pemilik Kapal Rugi Rp 1,2 Miliar, H Juna: Tidak Ada Asuransi, Biarlah Jadi Rumpong Ikan

Baca juga: Cerita Kapten Kapal saat Detik-detik Kapal Tenggelam, Seluruh Dokumen Tenggelam

Ia menjelaskan kedua tersangka tidak tahan oleh kejaksaan dikarenakan sesuai ketentuan KUHAP untuk perkara pidana yang ancamannya di bawah lima tahun, tidak dikenakan penahanan.

Ditambah lagi pasal yang disangkakan dalam berkas perkara Undang-Undang Pangan ancamannya hanya dua tahun penjara.

"Memang di KUHAP yang dikecualikan tapi pasal tentang Undang-Undang Pangan ini tidak disebutkan walau ancamannya dua tahun bisa ditahan. Berkas ini dari SPDP sampai tahap dua tersangkanya dua orang," kata Ali.

Sebelumnya Bupati Belitung Sahani Saleh bersama rombongan Satpol PP melakukan penggerebekan dua pabrik arak di lokasi berbeda pada akhir Juli 2020 lalu.

Ratusan liter barang bukti berupa arak fermentasi diamankan tanpa pemiliknya.

Kemudian, kasus tersebut dilimpahkan ke Polres Belitung untuk diproses hukum sesuai Undang-Undang yang berlaku. (posbelitung.co /dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved