Breaking News:

Profil 6 Menteri Baru Kabinet Jokowi, Sepak Terjang Hingga Rencana setelah Menjabat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan perombakan (reshuffle) kabinet dari beranda Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020) siang. Berikut profil mereka

ANTARA FOTO/LAILY RACHEV
Presiden Joko Widodo (keempat dari kiri) didampingi Wapres Maruf Amin (keempat dari kanan) berfoto bersama dengan enam menteri baru di Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 usai diumumkan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020). Keenam orang calon menteri hasil kocok ulang (reshuffle) tersebut antara lain Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. 

Profil 6 Menteri Baru Kabinet Jokowi, Sepak Terjang Hingga Rencana setelah Menjabat

POSBELITUNG.CO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan perombakan (reshuffle) kabinet dari beranda Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020) siang.

Wacana reshuffle sudah bergaung lama, meski pemerintahan periode kedua baru berjalan setahun. Sejumlah pembantu presiden dinilai tak becus bekerja.

Terlebih lagi, sempat beredar luas pula video Presiden Jokowi memarahi sejumlah menteri di kabinetnya, beberapa waktu lalu.

Namun, sebelum ini, semuanya hanya wacana yang tak terjadi. Banyak pula yang berspekulasi wacana itu sebagai upaya "tes ombak" membaca respons publik.

Meski demikian, perombakan kabinet akhirnya menjadi langkah tak terhindarkan. Dua menteri di Kabinet Jokowi tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Setidaknya, dua kursi menteri harus diisi lewat perombakan.

Nampaknya, Jokowi menggunakan momentum ini tak hanya mengisi posisi yang ditinggal pejabatnya. Ada enam posisi menteri yang sekaligus diganti oleh Jokowi.

Calon Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan setidaknya empat program kerja yang akan menjadi fokus pembenahan. Hal itu diungkapkan Risma sesaat setelah diperkenalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju bersama lima nama lain, Selasa (22/12/2020).
Calon Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan setidaknya empat program kerja yang akan menjadi fokus pembenahan. Hal itu diungkapkan Risma sesaat setelah diperkenalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju bersama lima nama lain, Selasa (22/12/2020). (Sekretariat Presiden)

Menteri baru

Pengumuman yang tak panjang. Tak banyak penjelasan. Tak ada pula pesan khusus kepada para pembantu baru ini yang dibuka ke publik.

Pelantikan para menteri baru di Kabinet Indonesia Maju—penamaan kabinet untuk periode kedua pemerintahan Jokowi—dilakukan pada Rabu (23/12/2020).

Halaman
1234
Editor: M Ismunadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved