Breaking News:

Advertorial

Peringati Setaun BLK Belitung, Puluhan Alumni Mampu Berdikari

BALAI Latihan Kerja (BLK) Belitung memperingati hari jadi pertama, Sabtu (26/12). Sejumlah kegiatan bertajuk ‘Setaun BLK Belitung’ digelar di Pantai

Peringati Setaun BLK Belitung, Puluhan Alumni Mampu Berdikari - kompetisi-barista-sejumlah-alumni-blk-dan-barista-di-belitung-meramaikan-kompetisi-barista.jpg
Dok. BLK Belitung
KOMPETISI BARISTA - Sejumlah alumni BLK dan barista di Belitung meramaikan kompetisi barista yang digelar dalam rangka Setaun BLK Belitung di Pantai Tanjungkelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Sabtu (27/12).
Peringati Setaun BLK Belitung, Puluhan Alumni Mampu Berdikari - kompetisi-barista-sejumlah-alumni-blk-dan.jpg
Dok. BLK Belitung
KOMPETISI BARISTA - Sejumlah alumni BLK dan barista di Belitung meramaikan kompetisi barista yang digelar dalam rangka Setaun BLK Belitung di Pantai Tanjungkelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Sabtu (27/12).

POSBELITUNG.CO , BELITUNG --  Balai Latihan Kerja (BLK) Belitung memperingati hari jadi pertama, Sabtu (26/12/2020).

Sejumlah kegiatan bertajuk ‘Setaun BLK Belitung’ digelar di Pantai Tanjungkelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Sabtu (26/12/2020).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi mengawali membuka acara jalan santai yang diikuti sekitar 500 orang.

Panitia menyiapkan beragam door prize bagi para pemenang undian. 

Berikutnya penampilan juggling pizza oleh Maestro Pizza Indonesia Chef Agung Kurnia yang dilanjutkan demo pembuatan lamian oleh Chef Azis.

“Juga ada kompetisi barista yang diikuti alumni BLK dan teman-teman barista di Belitung. Selain itu ada pula coaching clinic pembuatan latte art menghadirkan narasumber barista profesional yang diundang dari Jakarta,” ujar Kepala BLK Belitung Rahmad Faisal.

Menurutnya, acara tersebut digelar sebagai branding ke masyarakat, khususnya masyarakat Belitung bahwa BLK sudah hadir sebagai perhatian pemerintah pusat. Karena BLK berada langsung di bawah Kementerian Tenaga Kerja sehingga pihaknya merupakan unit pelaksana teknis dalam melatih sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Meskipun menghadapi masa pandemi Covid-19, beragam hal sudah dicapai BLK Belitung dalam kurun waktu setahun terakhir. Seperti mencetak wirausaha muda dari program barista. Dari 48 siswa yang dilatih, semuanya telah membuka gerobak minuman atau kafe, hingga telah membentuk kelompok-kelompok usaha.

“Ada juga dari jurusan processing sudah memproduksi produk makanan, baik itu abon, kue kering, maupun cemilan,” ujar Faisal.

“Ada juga alumni peserta pelatihan jurusan perhotelan dan food attendant. Beberapa sudah ada yang on job training di beberapa hotel di Belitung.”

Selanjutnya, kata Faisal, dari program tour guide, alumni sudah ada yang membuat virtual tour guna mempromosikan desanya. Pengembangan desa wisata memang menjadi sasaran BLK Belitung.

Di samping itu, dalam menghadapi masa pandemi di tahun pertama beroperasi, tentunya ada tantangan yang dihadapi. Seperti pelatihan yang sempat disetop saat sudah berlangsung dua hari.

“Kemudian dilanjutkan kembali dengan program-program untuk masa pandemi seperti membuat masker, hand sanitizer, dan face shield. Pelaksanaan juga tetap mengacu pada penerapan protokol kesehatan 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, kemudian menjaga jarak,” ucapnya.

Ia menambahkan, BLK Belitung terus berkomitmen melatih dan meningkatkan SDM dengan menyasar para pencari kerja yang belum memiliki kemampuan, maupun pekerja atau orang yang dirumahkan.

“Mereka yang ingin menggali potensi dan up skilling bisa mengikuti pelatihan di BLK Belitung. Kalo ingin bekerja, ayo ke BLK saja,” katanya. (Advertorial/del)

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved