Breaking News:

Berita Belitung

Ini Hasil Diskusi Kepsek dan Dindikbud Belitung Alternatif Setelah Sepekan Selesai Belajar Daring

Junaidi mengatakan, belum bisa memastikan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar setelah satu pekan diputuskan Bupati Belitung

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Junaidi, Rabu (12/2/2020). 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung Junaidi mengatakan, belum bisa memastikan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar setelah satu pekan diputuskan Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) dilakukan secara daring.

Namun hasil diskusi antara kepala sekolah (kepsek) dan Dindikbud Kabupaten Belitung, apabila pelaksanaan kegiatan belajar mengajar itu diputuskan tatap muka, maka akan ada penambahan waktu belajar.

"Selama ini, belajar tatap muka dilakukan dua kali dalam satu pekan untuk satu kelas. Rencana nanti, khusus untuk tingkatan TK/Paud, SD, belajar tatap muka sebanyak 3 hingga 4 kali dalam satu pekan," kata Junaidi kepada Posbelitung.co, sabtu (2/1/2020).

Sedangkan pada tingkatan SMP, belajar tatap muka selama lima hari. Rencana tersebut, tidak mengurangi jumlah siswa dalam kelas, yang sebelumnya sudah berlangsung.

"Siswanya tetap dari jumlah pada kelas itu dibagi dua seperti kemarin - kemarin, dan tetap tidak ada waktu istirahat. Itu kembali lagi nanti juga kepada kemampuan kelas masing-masing sekolah," ungkap Junaidi.

Setelah Libur Panjang, Selama Satu Minggu Belajar Daring

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) sudah membuat keputusan, tentang sistem belajar mengajar seusai libur semester.

Keputusan itu, hanya berlaku kepada pelajar ditingkatan TK/PAUD, SD dan SMP di Kabupaten Belitung. Setelah libur itu, pelajar kembali melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring.

Namun daring ini hanya diputuskan dari tanggal 4 Januari hingga  tanggal 9 Januari 2021, atau satu pekan setelah jadwal sekolah masuk.

"Teknis daring atau penyampaian materi itu kembali kepada kebijakan sekolah masing - masing yang mengaturnya. Tetapi keputusan itu hanya satu pekan saja, untuk selanjutnya nanti akan di informasikan kembali," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung Junaidi kepada Posbelitung.co, Sabtu (2/1/2021).

Sedangkan untuk sistem belajar pada pekan berikutnya atau tanggal 11 Januari 2021, menurutnya belum bisa diputuskan Bupati Belitung. Lantaran ingin melihat perkembangan kasus Covid-19 di Negeri Laskar Pelangi.

Apalagi, sekarang ini di Kabupaten Belitung orang terpapar Covid-19 berstatus pelajar, walaupun pelajar tersebut adalah klaster keluarga. Ditambah lagi adanya kebijakan baru tentang pencegahan Covid-19 oleh Pemerintah Pusat.

"Jadi melihat situasi kedepannya nanti, apalagi kebijakan yang akan diambil oleh pak bupati. Karena keputusan itu nanti, kebijakan nya ada di beliau, sebagai kepala daerah," jelas Junaidi.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved