Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tata Kota Pangkalpinang Lebih Cantik dan Menarik, Wali Kota : Silahkan Masyarakat Menilai Langsung

Pemerintah Kota Pangkalpinang terus berbenah untuk menata Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi lebih indah dan menarik.

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
Tata Kota Pangkalpinang Lebih Cantik dan Menarik, Wali Kota : Silahkan Masyarakat Menilai Langsung - pkp1.jpg
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil
Tata Kota Pangkalpinang Lebih Cantik dan Menarik, Wali Kota : Silahkan Masyarakat Menilai Langsung - pkp2.jpg
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Wali Kota Pangkalpinang memilih berbagai kue dan roti saat grand opening J.CO Pangkalpinang
Tata Kota Pangkalpinang Lebih Cantik dan Menarik, Wali Kota : Silahkan Masyarakat Menilai Langsung - pkp3.jpg
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Rusa totol yang didatangkan dari Istana Kepresidenan Bogor yang dilepas di Halaman Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang

POSBELITUNG.CO -- Pemerintah Kota Pangkalpinang terus berbenah untuk menata Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi lebih indah dan menarik.

Kendati di tengah pandemi Covid-19 namun Pemkot Pangkapinang yang dipimpin Wali Kota Pangkalpinang dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang M Sopian tetap melakukan berbagai pembangunan.

Sederet pembangunan di Kota Pangkalpinang berhasil dilaksanakan di tahun 2020 meski di masa Covid-19.

Tentu saja berbagai pembangunan yang menata Kota Pangkalpinang lebih cantik ini diterimaa dengan baik oleh masyarakat.

Ditahun 2020, Wali Kota Pangkalpinang sukses membuat Tugu Titik Nol Kilometer Pulau Bangka di Jalan Jendral Sudirman.

Tugu berbentuk koin yang digunakan masyarakat Pangkalpinang di zaman Belanda itu menjadi icon baru di Kota Pangkalpinang.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-Inside-MediumRectangle'); });

Molen berharap, kehadiran Tugu Titik Nol Kilometer di Pangkalpinang dapat menjadi salah satu penambah daya tarik di Kota Pangkalpinang.

"Semoga dapat menjadi penambah daya tarik di kota kita kota Pangkalpinang, bagi orang-orang yang ingin berwisata, berselfie ria, menjadi penunjuk bahwa sudah hadir di Pulau Bangka," kata Molen.

Tidak hanya itu, Molen juga ingin kedepannya pedestrian di dekat Tugu Titik Nol dapat kembali dipercantik kembali.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil bersama para kepala OPD dan Forkominda Pangkalpinang berfoto bersama di Tugu Titik Nol Kilometer Pulau Bangka.
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil bersama para kepala OPD dan Forkominda Pangkalpinang berfoto bersama di Tugu Titik Nol Kilometer Pulau Bangka. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Molen menyebutkan, Tugu Titik Nol Kilometer ini merupakan bukti bagaimana Pangkalpinang meningkatkan branding kota dengan cara menciptakan tempat-tempat iconic di Kota Pangkalpinang.

Tidak hanya Tugu Nol Kilometer saja, akhir Desember lalu Molen juga menghadirkan lima rusa totol langsung dari Istana Kepresidenan Bogor, yang dilepaskan di halaman Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang.

Dengan kehadirannya rusa tersebut menambah daya tarik wisatawan di Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung ini.

Berbagai pembangunan lainnya, dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, seperti taman yang berada di Tampuk Pinang Pura,  Molen sukses menyulapnya menjadi sebuah taman yang saat ini digemari masyarakat untuk berolahraga setiap sore hari.

Penataan kota jauh lebih cantik dan menarik bak disulap selama tahun 2020, banyak taman tematik yang mengejutkan masyarakat, dan saat ini menjadi spot-spot selfie dan bermain.

Berbagai investasi juga masuk Kota Pangkalpinang di tahun 2020, menambah kecantikan kota, mulai dari Transmart, DIY, hingga baru-baru ini baru hadir J.CODonuts di pusat perbelanjaan Kota Pangkalpinang.

Molen Ingin Marwah dan Kekompakan Masyarakat Terus Terjalin

Maulan Aklil (Molen) menyebutkan, pembangunan di tahun 2020 biarkan masyarakat saja yang menilai.
Kekompakan masyarakat di Kota Pangkalpinang lah yang ia banggakan dan inginkan.

"Marwah Kota, semangat kota, kesadaran masyarakatnya terhadap kebersihan dan rasa kepedulian antar sesamanya tinggi, itu jauh lebih bangga saya kalau sudah seperti itu. Silahturahmi kekompakan masyarakat, tidak ada iri dengki, positif berpikir itu prestasi yang saya ingin capai," kata Molen.

Menurutnya, selama dua tahun  masa jabatannya bersama Wakil Wali Kota Pangkalpinang M Sopian, ia ingin masyarakat yang menilai langsung kinerjanya selama ini.

"Silahkan masyarakat menilai secara langsung seperti apa, kami pada dasarnya terus bekerja melaksanakan visi misi kami dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, silahkan masyarakat menilai sudah sejauh mana," ungkapnya.

Dia menyebutkan, beri kesempatan untuk dirinya selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Doakan kami selalu sehat, kuat, agar tiga tahun kedepan dapat melaksanakan visi dan misi serta yang utama meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," sebutnya.

Kata Molen, dirinya seperti air mengalir saja apa-apa yang dirinya kerjakan yang penting dapat bermanfaat pada masyarakat.

"Memang ada cita-cita dan harapan yang ingin kita kejar tetapi muaranya adalah kesejahteraan masyarakat, semaksimal mungkin saya akan berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik, memberikan pembangunan di Kota Pangkalpinang lebih baik lagi," ujarnya.

Menurutnya, selama dua tahun masa jabatanya apa pun yang ia lakukan pasti ia banggakan.

"Cuma masyarakat lah yang bisa menilai, tidak objektif rasanya disaat saya menilai diri sendiri, malah saya senang jika ada saran dan kritik dari masyarakat untuk saya lebih evaluasi diri," ungkap Molen.

Sederet pembangunan di Kota Pangkalpinang berhasil dilakasanakan di tahun 2020 meski di masa Covid-19, diantaranya berdirinya Pizza HUT di Kota Pangkalpinang.
Sederet pembangunan di Kota Pangkalpinang berhasil dilakasanakan di tahun 2020 meski di masa Covid-19, diantaranya berdirinya Pizza HUT di Kota Pangkalpinang. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Berbagai Upaya dan Strategi Wali Kota Menghadapi 2021

Molen mengatakan, ditahun 2021 dengan defisit anggaran serta adaptasi kebiasaan baru tentunya memiliki tantangan tersendiri.

"Berbeda-beda irama karena kondisinya naik turun, masyarakat lagi susah, ada yang ekonominya lagi anjlok tetapi kita harus pandai menari dalam situasi yang seperti ini, pandai-pandai kita membaca irama situasi saat ini," kata Molen kepada Bangkapos.com, Rabu (6/01/2021).

Molen menyebutkan, namun harus tetap menciptakan perubahan dan inovasi untuk masyarakat Kota Pangkalpinang.

"Tetapi harus pandai-pandai juga menetapkan kondisi supaya tidak salah langkah, tetapi bisa menciptakan sesuatu yang baru untuk kebaikan-kebaikan kedepannya," sebutnya.

Menurutnya, banyak sekali yang belum bisa dikerjakan ditahun 2020, dan akan diusahakan tercapai pada tabun 2021.

"Seperti pembangunan Pelabuhan Pangkalbalam kita Insyaallah on progres terus berlanjut, rumah sakit kita lanjut juga, dan terkait penanganan Covid-19 pastinya, terus kesadaran masyarakat kita juga sudah cukup baik terhadap kebersihan. Ditahun 2021 semoga kekompakan dan attitude masyarakat kita semakin baik lagi," harapnya.

Molen juga meminta, agar jangan kalah dengan kondisi saat ini yang harus beradaptasi dengan kebiasaan baru.

"Jangan kalau, pinter-pinterlah menari membaca irama keadaan kita saat ini. Kita harus tetap melangkah, melompat, bukan hanya melompat tapi kita juga harus dengan lompatan tinggi dan jauh, karena jurang banyak sekarang, kita harus tetap berikan perubahan," sebutnya.

Kata Molen, dengan defsit anggaran di tahun 2021, ia akan mengejar dana-dana dari pusat.

"Nah mengejar dana dari pusat inilah yang akan saya push habis-habisan," ucapnya.

Sederet pembangunan di Kota Pangkalpinang berhasil dilakasanakan di tahun 2020 meski di masa Covid-19, diantaranya berdirinya J.Co Donut di Kota Pangkalpinang.
Sederet pembangunan di Kota Pangkalpinang berhasil dilakasanakan di tahun 2020 meski di masa Covid-19, diantaranya berdirinya J.Co Donut di Kota Pangkalpinang. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Pembangunan di Kota Pangkalpinang Tetap Berlanjut di Tahun 2020 Meski Covid-19

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) kota Pangkalpinang Agung Yubi Utama mengatakan, pembangunan di Kota Pangkalpinang di tahun 2020 yang sifatnya skala prioritas masih tetap berjalan.

Meskipun menurutnya, ditahun 2020 refocusing anggaran terjadi cukup besar.

"Walaupun target Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga menurun tetapi pembangunan skala prioritas kita tetap jalan, salah satunya penanganan banjir tetap jalan, pelabuhan, jalan, Alhamdulillah pokoknya yang skala prioritas tetap jalan," kata Agung kepada Bangkapos.com, Rabu (6/1/2021).

Agung menyebutkan, pembangunan yang saat ini terlihat di masyarakat lebih pada pembangunan tata kota yang dilakukan Wali Kota Pangkalpinang menggunakan 80 persennya anggaran Corporate Social Responsibility (CSR).

"Kalau pembangunan yang sifatnya citra kota seperti tata kota yang saat ini benar-benar terlihat perubahannya itu wali kota menggunakan strategi baru dengan pemanfaatan dana CSR, hampir 80 persen menggunakan dana CSR yang sifatnya untuk  mempercantik kota," jelasnya.

Menurut  Agung, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) memang banyak di refocusing, namun pembangunan masih tetap berlanjut.

"Alhamdulillah wali kota walaupun dalam kondisi target pendapatan menurun tetapi pembangunan tetap berjalan, ada beberapa strategi wali kota yang memanfaatkan dana dari tempat lain," ungkap Agung.

( Bangkapos.com / Andini Dwi Hasanah )

 
 
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved