Breaking News:

Buntut Aksi Anarkis Pedemo Pro-Trump, Anggota Parlemen Tandatangan Resolusi Pemakzulan Trump

Resolusi  pemakzulan terhadap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah ditandatangani oleh beberapa anggota parlemen, Jumat (8/1/2021).

AFP via GETTY IMAGES/SAUL LOEB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Buntut Aksi Anarkis Pedemo Pro-Trump, Anggota Parlemen Tandatangan Resolusi Pemakzulan Trump 

Buntut Aksi Anarkis Pedemo Pro-Trump, Anggota Parlemen Tandatangan Resolusi Pemakzulan Trump

POSBELITUNG.CO - Resolusi  pemakzulan  terhadap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah ditandatangani oleh beberapa anggota parlemen, Jumat (8/1/2021).

Melansir The  Denver, resolusi untuk memakzulkan Presiden Trump telah ditulis dengan lebih dari belasan anggota DPR mengawal dan menandatangani resolusi serta tindakan tersebut.

Langkah itu dilakukan sehari setelah pedemo pro-Trump yang anarkis menyerbut Capitol Hill di Washington DC, membuat para anggota parlemen berlindung dan aparat menyemprotkan gas air mata serta tindakan penghalau lainnya di gedung tersebut.

Baca juga: Trump Minta Pendukungnya Pulang, Demo di Gedung Capitol AS Ricuh Saat Kongres Kemenangan Biden

Anggota DPR yang bernama Ilhan Omar pada Rabu malam men-twit bahwa dia sedang menyusun lembar pemakzulan. Pada Kamis, dia mengunggah tulisan tersebut,

"Kita harus bergerak cepat untuk mencopot presiden ini [Trump] dari jabatannya."

Seruan Trump terhadap Menteri Luar Negeri Negara Bagian Georgia, Brad Raffensperger pada 2 Januari lalu dan tindakannya terhadap pedemo pro-dirinya pada 6 Januari sebagai dasar pemakzulan.

Baca juga: Akun FB dan Instagram Trump Dikunci 24 Jam Setelah Facebook Umumkan Keadaan Darurat

"Donald John Trump telah menyalahgunakan kekuasaan sebagai presiden dengan mencoba secara ilegal membatalkan hasil pemilihan Presiden November 2020 di Negara Bagian Georgia," ungkap artikel tersebut tentang seruan Trump pada 2 Januari yang direkam dan dibagikan oleh media.

“Donald John Trump telah menyalahgunakan kekuasaan sebagai presiden untuk memicu kekerasan dan mengatur percobaan kudeta terhadap negara kita,” artikel selanjutnya menyatakan tentang tindakan sang presiden pada 6 Januari.

Baca juga: Massa Serang Gedung Capitol Hill, Partai Republik Murka, Usul Segera Copot Donald Trump

Ketua DPR AS sendiri, Nancy Pelosi meminta agar Wakil Presiden AS Mike Pence menggunakan Amandemen ke-25 yang akan membuat mayoritas kabinet sepakat untuk mencopot Trump dari jabatannya.

"Jika wakil presiden dan kabinet tidak bertindak, Kongres mungkin siap untuk bergerak maju dengan pemakzulan," kata Pelosi pada konferensi pers pada Kamis kemarin. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Resolusi Pemakzulan terhadap Trump Sudah Dirilis, Ditandatangani Anggota Parlemen

Editor: M Ismunadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved