Breaking News:

Berita Belitung Timur

Selama Tahun 2020, Pasien Puskesmas Menurun, Kunjungan Berkurang

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Belitung Timur, Yulhaidir menyampaikan ada penurunan pengunjung Puskesmas selama Tahun 2020

posbelitung.co
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur, Yulhaidir. Posbelitung/suharli 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Belitung Timur, Yulhaidir menyampaikan ada penurunan pengunjung Puskesmas selama Tahun 2020 lalu. Hal itu berkenaan situasi Pandemi Covid-19 di Belitung Timur.

"Dari sisi kunjungan mengalami penurunan dari biasanya, kalau dulu Puskemas jauh lebih ramai, karena adanya Pandemi Covid-19.  Kalau sekarang untuk yang gejala-gejala ringan mereka lebih banyak melakukan pengobatan mandiri di rumah dengan membeli obat. Penurunan pengunjung hingga 20 persen kunjungan," ujar Yulhaidir kepada Posbelitung.co, Jumat (8/1/2020)

Berkenaan dengan penyakit yang paling banyak ditangani oleh puskemas pada 2020 lalu, Yulhaidir mengatakan ada dua penyakit dua penyakit rawan dari 10 besar penyakit yang banyak ditangani.

10 penyakit terbasar di 2020, Belitung timur di antaranya hipertensi, Ispa, dispepsia, DM, gastritis, sakit kepala tinggi coman cold, asma, pulpa jaringan vertikal.

"Hipertasi dan gastritis merupakan yang tertinggi, apalagi kondisi pandemi covid cukup rawan, jadi harus menjadi perhatian khusus, jadi harapan kami 2021 ini bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tersebut untuk secara berkala melakukan cek rutin.Selain itu dia meminta agar menjaga stabilitas kesehatannya," ujarnya.

Dia mengimbau ditengah pandemi agar masyarakat yang memiliki penyakit ikutan agar tetap menjaga kesehatan dengan pengecekan rutin.

"Kalau untuk kasus meninggal di Belitung Timur, meskipun di Pandemi Covid-19 dikatakan meninggal karena Covid-19 nol kasus," jelasnya. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved