Breaking News:

Berita Belitung

Tak Perlu Khawatir Donor Darah Saat Pandemi Covid-19, Ini Alasannya

Stok darah di PMI Kabupaten Belitung terus menipis. Pada Jumat (8/1/2021) misalnya, stok darah A masih tersisa tiga kantong

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pegawai PMI Kabupaten Belitung saat mempersiapkan darah bagi pasien di Markas PMI Kabupaten Belitung, Jalan Sudirman, Tanjungpandan, Jumat (8/1/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Stok darah di PMI Kabupaten Belitung terus menipis. Pada Jumat (8/1/2021) misalnya, stok darah A masih tersisa tiga kantong, B ada delapan kantong, O ada tiga kantong, sementara AB masih tersisa satu kantong.

Menurut Kabid Teknis Transfusi Darah PMI Kabupaten Belitung Hawani menipisnya stok darah tak terlepas dari banyaknya permintaan darah. Sementara karena kondisi pandemi Covid-19, banyak pendonor yang biasanya rutin donor, kini enggan karena khawatir menurunkan daya tahan tubuh.

"Sebenarnya tidak perlu khawatir, kami di sini tetap menerapkan protokol kesehatan. Alat kami gunakan jarum sekali pakai, juga sebelum donor, kami periksa kesehatan pendonor dulu, kalau sudah dinyatakan sehat baru boleh donor. Jadi yang memang kondisi tubuh tidak fit pasti tidak akan diterima donor," katanya.

"Tidak akan menurunkan daya tahan tubuh, bisa itu hanya sugesti saja. Banyak pendonor yang bilang setelah donor justru tubuh mereka merasa segar," imbuh dia.

Selama kondisi pandemi ini, kata dia, pengumpulan darah pun mengalami keterbatasan. Karena biasanya, stok darah bisa aman juga karena banyak aktivitas bakti sosial donor darah yang dilakukan instansi-instansi tertentu. Namun kini jarang ada kegiatan seperti itu.

Makanya, buat menyiasati pemenuhan kebutuhan darah, pihaknya menyarankan keluarga pasien yang membutuhkan. Juga menghubungi pendonor rutin yang telah melewati masa dua bulan pasca donor sebelumnya.

Menurutnya, kini darah O mengalami permintaan yang paling banyak. Karena banyak penyakit lain yang masih membutuhkan perawatan seperti memerlukan transfusi darah. Apalagi, satu pasien bisa menggunakan hingga 10 kantong darah, sehingga kebutuhan darah masih banyak.

Sementara itu, pembuatan trombosit bagi pasien demam berdarah dengue (DBD) saat ini tidak terlalu banyak dan masih kategori aman.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved