Breaking News:

Berita Belitung

Banyak yang Lolos, Pemkab Belitung Kejar Pajak Pengiriman Sarang Burung Walet, Potensi Capai Rp 5 M

Pengiriman sarang burung walet, satu diantara sumber pendapatan daerah di Belitung karena kenai pajak.

kontan.co.id
Ilustrasi sarang burung walet 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Pengiriman sarang burung walet, satu diantara sumber pendapatan daerah di Belitung karena kenai pajak.

Selama ini, hanya beberapa orang pengusaha sarang burung walet membayar pajak pengiriman tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Belitung.

Untuk itu, pada tahun 2021 ini, potensi pajak itu akan dikembangkan, lantaran memiliki potensi luar biasa.

Ini sudah menjadi prioritas atau target Pemerintah Kabupaten Belitung.

"Selama ini pajak tersebut banyak lolos, dan sumber pendapatan ini sudah dianalisa KPK (komisi pemberantasan korupsi), dan tim KPK sudah turun untuk pembahasan ini. Jadi itu jadi target PAD pada tahun 2021 yang paling besar," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya kepada Posbelitung.co, Sabtu (9/1/2021)

Pengiriman sarang burung walet itu lolos dari pajak, sudah dilakukan hingga ke Kantor Karantina Hewan wilayah Tanjungpandan, Belitung, sehingga ke depan, berbagai data tentang pengiriman sarang burung walet, harus disampaikan kepada Pemerintah Daerah Belitung.

"Kami siap mengenakan pajak kepada pemilik sarang burung walet. Karena selama ini tidak sampai 10 persen yang tergarap, dan itu potensi nya sangat besar sekali. Kalau dihitung kemarin, mencapai Rp 5 miliar, sedangkan yang bayar pajak hanya sekitar Rp 70 juta," ucapnya.

Ia berharap, potensi tersebut bisa terealisasi pada tahun 2021. Sehingga menjadi sumber PAD baru untuk pengembangan daerah di Kabupaten Belitung. ( Posbelitung.co / Disa Aryandi )

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved