Breaking News:

BPOM Sebut Izin Darurat Penggunaan Vaksin Covid-19 Sinovac Terbit Sebelum 13 Januari 2021

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyakinkan izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Covid-19 Sinovac keluar sebelum pelaksanaan vaksinasi perdana

istimewa/Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito saat jumpa pers di Kantor Presiden, Selasa(1/9/2020). 

POSBELITUNG.CO - Penggunaan vaksin Covid-19 buatan Sinovac tinggal beberapa hari lagi, setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA).

Sementara BPOM menyakinkan pihaknya akan menerbitkan izin tersebut, sebelum pelaksanaan vaksinasi perdana pada tanggal 13 Januari 2021 mendatang

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPOM Penny K Lukito dalam Media Briefing Pengawalan Keamanan, Khasiat dan Mutu Vaksin Covid-19 secara virtual, Jumat (8/1/2020).

Dia mengatakan, pemerintah telah berkomunikasi dengan BPOM terkait jadwal vaksinasi perdana tersebut.

Sejauh ini BPOM dalam proses penyelesaian izin darurat tersebut, dimana menunggu data lengkap uji klinik fase III vaksin Sinovac di Bandung.

"Efikasi atau khasiat yang terkait dengan imunogenisitas, netralisasi, itu sudah kami dapatkan. Itu sudah memberikan keyakinan, sehingga sudah bisa diperkirakan tanggal 13 bisa melakukan vaksinasi.

Artinya kami bisa keluarkan EUA sebelum tanggal tersebut. Cukup ada keyakinan untuk hal tersebut (sebelum tanggal 13 Januari keluar),” kata Penny.

Penny melanjutkan, setelah data lengkap diterima maka, dilakukan pembahasan dan analisis akhir di internal BPOM dan kemudian berlanjut dengan pembahasan terakhir bersama Komite Nasional Penilai Obat khusus vaksin Covid-19, melibatkan ITAGI, klinisi, dan epidemiolog.

“Sehingga segera kami berikan beberapa hari ke depan. Ini sesuai dengan timing yang kami lakukan.

Kami bersyukur karena sudah ada keyakinan makin besar hari ini sehingga tanggal tersebut masih bisa dipastikan akan keluar sebelum tanggal 13 Januari,” kata Penny.

Halaman
1234
Penulis: tidakada008
Editor: Rusmiadi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved