Breaking News:

Tiba-tiba Kemenlu AS Umumkan Pengunduran Diri Donal Trump sebagai Presiden pada 11 Januari Kemarin

itus web  Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) tiba-tiba mengumumkan, Donald Trump sudah mundur sebagai presiden pada Senin (11/1/2021).

STATE.GOV via CNN
Tangkapan layar dari pengumuman di situs web Kementerian Luar Negeri AS, tentang selesainya masa jabatan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Senin 11 Januari 2021 pukul 19.40 waktu setempat. Tak lama kemudian keterangan ini dihapus, dan diduga akibat peretasan atau kesalahan teknis. 

Tiba-tiba Kemenlu AS Umumkan Pengunduran Diri Donal Trump sebagai Presiden pada 11 Januari Kemarin

POSBELITUNG.CO - Situs web  Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) tiba-tiba mengumumkan, Donald Trump sudah mundur sebagai presiden pada Senin (11/1/2021).

Pengumuman itu pun langsung tersebar luas dan menimbulkan pertanyaan, tentang apa yang sedang terjadi di Gedung Putih.

"Masa jabatan Donald J Trump berakhir 2021-01-11 19:49:00," demikian keterangan yang tertulis di halaman biografi resmi Trump kemarin.

Baca juga: Twitter Tutup Permanen Akun Donald Trump, Sempat Dikunci Selama 12 Jam

Ada juga versi lain yang diunggah CNN bahwa masa jabatan Trump berakhir Senin 11 Januari 2021 pukul 19:40:07.

Wakil Presiden Mike Pence juga diumumkan lengser pada 11 Januari 2021 jam 19:45:15.

Tangkapan layar dari pengumuman di situs web Kementerian Luar Negeri AS, tentang selesainya masa jabatan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence pada Senin 11 Januari 2021 pukul 19.45 waktu setempat. Tak lama kemudian keterangan ini dihapus, dan diduga akibat peretasan atau kesalahan teknis.
Tangkapan layar dari pengumuman di situs web Kementerian Luar Negeri AS, tentang selesainya masa jabatan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence pada Senin 11 Januari 2021 pukul 19.45 waktu setempat. Tak lama kemudian keterangan ini dihapus, dan diduga akibat peretasan atau kesalahan teknis. (STATE.GOV via CNN)

Keterangan itu dengan cepat langsung dihapus, dan para netizen mengira mungkin ada kesalahan teknis.

Sementara itu diwartakan AFP, Kemenlu AS belum berkomentar tentang peritiwa tersebut apakah akibat peretasan atau memang kesalahan mereka.

Meski begitu, Trump sendiri memang sedang menjalani hari-hari terakhirnya sebagai Presiden AS ditemani beragam spekulasi.

Baca juga: Donald Trump Pastikan Absen Pelantikan Joe Biden, Wapres Mike Pence Dapat Tekanan untuk Hadir

Presiden ke-45 Amerika Serikat Donald Trump memainkan smartphone dalam diskusi dengan para gubernur tentang pembukaan kembali ekonomi paska Covid-19 di Gedung Putih, Washington DC (18/6/2020).
Presiden ke-45 Amerika Serikat Donald Trump memainkan smartphone dalam diskusi dengan para gubernur tentang pembukaan kembali ekonomi paska Covid-19 di Gedung Putih, Washington DC (18/6/2020). (SAUL LOEB/AFP)

Sidang pemakzulan Trump akan dimulai besok (13/1/2021), selain wacana pengaktifkan Amendemen Ke-25 untuk melengserkannya segera.

Di sisi lain, presiden terpilih Joe Biden akan dilantik pada 20 Januari usai mengalahkan Trump di pilpres AS 3 November.

Desas-desus mendepak Trump lebih cepat dari Gedung Putih muncul usai kerusuhan di penyerbuan Capitol Hill, yang menghambat sesi Kongres untuk secara resmi menyatakan kemenangan Biden. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kemenlu AS Umumkan Trump Sudah Mundur sebagai Presiden pada Senin 11 Januari.

Editor: M Ismunadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved