Breaking News:

Berita Belitung

Dinkes Belitung Masih Tunggu Vaksin, Sekitar 1400 Vaksin Akan Digunakan Tenaga Kesehatan

Rencananya ada sekitar 1.400 vaksin Covid-19 Sinovac yang akan diberikan dengan menyasar pada tenaga kesehatan.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Khamelia
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono, Jumat (24/7/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono mengatakan saat ini masih menunggu kabar lanjut mengenai pendistribusian vaksin Covid-19 dari provinsi.

"Hari ini masih nunggu kepastian, mereka (Dinkes provinsi) masih rapat. Kalau sudah siap, nanti kami menyusun pengambilannya. Kami langsung mengirimkan personel, juga berkoordinasi dengan Polres," katanya, Rabu (13/1/2021).

Rencananya ada sekitar 1.400 vaksin Covid-19 Sinovac yang akan diberikan dengan menyasar pada tenaga kesehatan. Baik itu tenaga kesehatan di rumah sakit, puskesmas, pustu, polindes, bahkan klinik.

Hal tersebut dilakukan, karena selain memang kebijakan dari pusat, pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan dilakukan karena mereka harus berhubungan langsung dengan pasien.

Ia menjelaskan, vaksinasi dalam pencegahan suatu penyakit juga dilakukan buat membuat kekebalan kelompok. Dalam mewujudkan kekebalan kelompok itu, minimal 95 persen anggota kelompok harus mendapat vaksin.

"Vaksinasi ini nantinya dua kali. Misalnya divaksin hari ini, dua minggu divaksin lagi. Memang begitu, prosesnya dua dosis per orang," ujar dia.

Pendataan secara manual tenaga kesehatan yang akan divaksinasi juga telah disampaikan ke pusat. Bahkan calon penerima vaksin juga telah mendapatkan sms blast sekitar sepekan lalu.

"Setelah menerima sms itu, harus registrasi ulang. Nanti diberi e-tiket, baru dapat nomor yang untuk dapat vaksin. Karena nanti dicatat BPJS Kesehatan," tutur Joko.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved