Breaking News:

Rumah Warga Terendam Air Laut

Ini Perkiraan Cuaca dan Tinggi Pasang Air Laut di Pulau Belitung Hari Ini, Waspada Banjir

Pulau Belitung dilanda hujan berintensitas sedang hingga lebat mulai kemarin malam hingga pagi ini, Rabu (13/1/2021).

Ist/Warga Desa Baru
Air laut yang pasang merendam rumah-rumah warga di Kawasan pantai menara, dekat alur Sungai Manggar, Desa Baru Belitung Timur, Rabu (13/1/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  -- Pulau Belitung dilanda hujan berintensitas sedang hingga lebat mulai kemarin malam hingga pagi ini, Rabu (13/1/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Babel memperkirakan kondisi yang sama akan tetap terjadi hari ini.

Kepada Posbelitung.co, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bangka Belitung Kurniaji mengatakan wilayah Babel keseluruhan akan terjadi hujan sedang sampai lebat hingga besok Kamis (14/1/2021).

Ia meminta pada warga Belitung maupun Belitung Timur agar selalu waspada karena cuaca ekstrem ini akan diikuti dengan angin kencang, kilat, dan petir.

"Hujan akan terjadi sepanjang hari. Potensi bencana cukup besar terjadi. Karena itu, kewaspadaan dan sikap antisipatif sangat dibutuhkan saat ini," kata Kurniaji.

Selain hujan, menurutnya, air pasang laut juga hari ini mencapai puncaknya. Di perairan sekitar Tanjungpandan dan Membalong mencapai puncaknya pada pukul 06.00 - 08.00 WIB dengan ketinggian 1,66 - 2,42 meter.

"Sedangkan Perairan Kelapa Kampit dan sekitarnya akan mencapai puncaknya pada pukul 11.00 WIB dengan ketinggian 2,13 meter," jelas Kurniaji.

Ia mengimbau pada seluruh masyarakat agar pada saat terjadi hujan lebat disertai petir dan kilat jangan berada di tempat tinggi dan tempat terbuka seperti lapangan atau lautan.

"Jika ada angin kencang juga usahakan jangan berada di dekat pepohonan," pesan Kurniaji.

Untuk informasi, di wilayah Belitung Timur hujan sedang akan terjadi sekitar pukul 13.00 WIB sedangkan di Belitung pada hampir terjadi sepanjang hari.

Halaman
12
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved